Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Bupati Resmikan 3 (tiga) Puskesmas


Bupati Kulon Progo Pimpin Operasi Gratis di Rembang

Komunitas Sepeda Kulon Progo Gelar Gobar

Bupati Kulon Progo Narasumber di Rembang

Ny.Setyaningsih Meninggal, Agenda Ceramah di Jambi Dibatalkan

Open House Bupati Bahas Berbagai Permasalahan

Puskesmas Lendah 1 Optimalkan Peran Posbindu untuk Kendalikan PTM

 

Acara peresmian Gedung Puskesmas Samigaluh II, Lendah I dan Panjatan I dipusatkan di Gedung Puskesmas Samigaluh II, Rabu (7/2) yang terletak di Dusun Gegerbajing, Pagerharjo,Samigaluh. Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng, dilanjutkan penandatanganan prasasti, pemotongan pita buntal dan peninjauan sarana prasarana di Puskesmas Samigaluh II oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

Saat meninjau Puskesmas Samigaluh II, Bupati juga berinteraksi dengan dokter, perawat dan Petugas berdialog terkait sarana prasarana, dan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Kepada pengunjung Bupati selain berinteraksi, juga memberikan semangat kepada para penderita DM untuk tetap semangat dan menjaga kesehatan.

Selesai meninjau Puskesmas yang berada di perbatasan Purworejo ini, Bupati menyampaikan, sudah sesuai dengan yang dilakukan Presiden RI untuk membangun dari pinggiran. Puskesmas saat ini juga sudah dilengkapi rawat inap, untuk persalinan.

"Harapannya pasien yang ada di pinggir ini kalau ke Wates atau Jogja memakan waktu apalagi untuk orang sakit bisa beresiko, sehingga diharapkan bisa dilayani di Puskesmas II ini." Kata Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).


Bupati juga berharap Puskesmas ini juga dapat melayani warga Purworejo yang lebih dekat ke Puskesmas Samigaluh II daripada ke Purworejo, diharapkan bisa berobat ke Puskesmas Samigaluh II. Harapannya hal ini bisa berjalan dengan baik, sehingga pasien bisa dirawat tidak harus dikirim ke tempat yang jauh.


Dokter ada 2 (dua), dokter umum dan dokter gigi, diharapkan bisa digilir untuk merawat pasien, karena dimungkinkan yang rawat inap belum banyak pasien, dan bisa saling kerjasama dengan Puskesmas Samigaluh I. Komitmen Ibu Salamah (Kepala Puskesmas) juga dinilai luar biasa karena siap menerima pasien rawat inap.


Sedangkan untuk penyakit didaerah perbatasan, saat ini yang masih perlu diantisipasi adalah malaria yang cukup serius, meskipun penyakitnya tidak banyak, tetapi bulan januari, periksa 1.000 (seribu) darah untuk melacak malaria, yang positif ada 2 (dua).

"Tapi hal itu tidak bisa diabaikan karena ada yang positif. Masih memungkinkan dari yang positif ini bisa menjadi sumber penularan. Maka yang dua positif ini kemudian minta dilacak disekitarnya. 5 (lima) KK disekitarnya untuk diperiksa, terus menerus sampai habis. Inilah pentingnya juru malaria desa dan adanya laboratorium. Jika tidak dibangun puskesmas seperti ini akan repot. Tetapi sekaran disini sekarang bisa cek kimia darah, gula darah, kreatin, SGOT, Fungsi ginjal, Fungsi hati, Fungsi darah disini bisa diperiksa." Jelas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan perjanjian kerjasama Dinas Kesehatan Kab Kulon Progo Dengan PD ‘Aisyiyah Daerah Kulon Progo tentang Percepatan Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) Kabupaten Kulon Progo yang ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo Bambang Haryatno dengan Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kab Kulon Progo Dyah Sulistyawati.

Kerjasama dalam hal percepatan penemuan penderita, pendampingan pengobatan, dan upaya pencegahan tuberculosis dan penyakit lain yang merupakan program TBC melalui pendekatan pada individu, keluarga dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Dengan tujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang TBC, meningkatkan cakupan penemuan penderita TBC, meningkatkan ketaatan minum obat penderita TBC dan meningkatkan penemuan TBC pada pencerita HIV dan DM.

Penandatanganan Perjanjian kerjasama juga dilakukan antara PD Aisyiyah Daerah Kulon Progo dengan Kepala Puskesmas Wates Eko Damayanti, antara PD Aisyiyah Daerah Kulon Progo dengan Kepala Puskesmas Nanggulan Anie Mursiastuti, antara PD Aisyiyah Daerah Kulon Progo dengan Salamah Sri Nurhayati, tentang Percepatan Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) Kabupaten Kulon Progo.
(at@humaskp)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Bupati Kulon Progo Pimpin Operasi Gratis di Rembang

Komunitas Sepeda Kulon Progo Gelar Gobar

Bupati Kulon Progo Narasumber di Rembang

Ny.Setyaningsih Meninggal, Agenda Ceramah di Jambi Dibatalkan

Open House Bupati Bahas Berbagai Permasalahan



.:: Berita Subdomain ::::::::.

Rapat Persiapan Pengadaan Smartphone Pelaksanaan Kegiatan DAK

Surat Edaran Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah

SURAT EDARAN GERAKAN TIGA BULAN BERSIH SAMPAH (TBBS)

Sosialisasi SISPENA bagi Lembaga PAUD dan PNF Tahun 2018

Bupati Kembali Resmikan 3 Tomira untuk Perkuat Ekonomi Rakyat

Pengumuman Permohonan Izin Lingkungan PT. Surabaya Mercusuar Indonesia

Pengumuman Penerbitan Izin Lingkungan PT. Insan Mukhlisin Sentolo

Pengumuman Permohonan Izin Lingkungan PT. Senkugo Jaya Abadi

Monitoring Pengelolaan Balai Penyuluhan KB

Lowongan Kerja PT MASTRADA SURYA

KB Bhakti Beji Ikuti Orientasi Perpustakaan

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 22 Februari 2018

Panen Raya Padi MT I bersama Dirjen Tanaman Pangan

16 Calon Investor Amerika Serikat Kunjungi Kulon Progo

Boven Digoel Studi Referensi Ke Kulon Progo

SOSIALISASI MEKANISME PENEMPATAN TENAGA KERJA ANTAR DAERAH

Narasi Tunggal Kementerian ESDM (Era Baru Pengelolaan Migas Indonesia)

Industri Mikro Kecil DIY Tumbuh Positif

Lowongan Kerja PT NATURINDO FRESH

Lowongan Kerja Accounting - DEWI SRI GROUP

Kegiatan Gladian Pimpinan Regu (DIANPINRU) Penggalang Tahun 2017/2018

Lowongan Kerja DEWI SRI GROUP DEVISI SPBU

Lowongan Kerja UD DEWI SRI

SOSIALISASI PROGRAM PEMAGANGAN KE JEPANG

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KULON PROGO SEMAKIN TERBUKA



.:: Artikel ::::::::.

Tantangan Advokasi Kie Program KKBPK Tahun 2018

Kampung KB Wahana Pemberdayaan Masyarakat

Tantangan Mendewasakan Usia Perkawinan Remaja Kita

Kampung KB di Kulon Progo, Butuh Sinergitas Semua Pihak

Membangkitkan Semangat Hidup Lansia Melalui Perilaku Hidup Sehat