Gedung Mediacenter Kulon Progo Masuk Warisan Budaya


Agenda BBGRM XIII dan HKG Ke 44 di Girimulyo

BUPATI BUKA PENCANANGAN BBGRM dan HKG PKK

KANTOR KECAMATAN WATES RESMI PINDAH KE GEDUNG BARU

BUPATI BUKA TMMD DI KOKAP

Sepeda dan Jalan Sehat UNY Kampus Wates

Gudang Bulog Penuh Distribusi Raskin Dipercepat

 

Kulon Progo memiliki banyak bangunan warisan budaya. Sebagai warisan budaya, beberapa bangunan diadakan penilaian dan Pemda melalui Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) dengan meminta bantuan DP2WP. Bangunan yang dinilai oleh DP2WP saat ini (Senin, 2/9) adalah Mediacenter, Panwaslu, SD Percobaan 4, Bopkri, dan perumahan Polres. Demikian disampaikan Eko Wisnu Wardhana, Kepala Disbudparpora Kulon Progo saat mendampingi tim Dewan Pertimbangan Pelestarian Warisan Budaya (DP2WB) DIY yang sedang melakukan penilaian di gedung Mediacenter Kulon Progo. Eko menjelaskan bahwa mulai besok (3/9) Balai Pelestarian Cagar Budaya BPCB juga melaksanakan pemetaan di wilayah Jogoyudan, Wates.


"Ini adalah upaya kita untuk melestarikan. Kalau itu ditengarai warisan budaya ya langsung kita adakan peninjauan dan penilaian. Semuanya dilaksanakan berdasarkan undang-undang, cuma setelah ada warisan budaya kemudian kita dinilai. Dari hasil penilaian itu kemudian dimasukkan ke kelas yang sesuai. Keputusan status bisa ini dikeluarkan oleh bupati, gubernur, ataupun secara nasional, tergantung kelasnya. Yang nasional misalnya Jembatan Bantar, sedangkan Baleagung, sesuai kelasnya diberikan oleh Bupati," kata Eko.


Sementara itu menurut tim DP2WP yang dipimpin oleh Yuwono Sri Suwito, yang juga ketua Dewan Kebudayaan DIY, peninjauan yang dilakukan saat ini baru observasi lapangan dan inventarisasi dulu.
"Jadi kita baru lihat fisiknya dulu, kemudian dari fisik itu nanti kita kaji dengan tim, terakhir kita menentukan masuk cagar budaya atau bukan. Tetapi sebelum masuk cagar budaya kita kan bisa menentukan bahwa bangunan ini adalah warisan budaya. Misalnya dengan kriteria umurnya sudah 50 tahun, kedua adalah nilai penting, bisa dilihat dari nilai penting sejarah, kemudian pendidikan, nilai penting kebudayaan, terus kemudian nilai penting agama, kalau perlu ini kita kaji dulu kemudian mungkin ada lagi nilai penting ilmu pengetahuan," jelasnya di sela-sela penilaian bangunan Mediacenter Kulon Progo.
Yuwono mencontohkan bangunan mediacenter ini jika dilihat dari fisiknya sudah kelihatan bahwa ini termasuk bangunan yang sudah berumur 50 tahun ke atas, kemedian dilihat dari nilai penting arsitektur, berarti nilai pentingnya adalah nilai penting ilmu pengetahuan, ditambah lagi kalau nanti dari Pemda bisa mengusulkan sejarah bangunan ini. Seperti Bale Agung dulu, yang kemudian didudukung oleh bukti-bukti tertulis sehingga lebih mudah. Dari nilai-nilai penting itu nanti diukur bobotnya apakah termasuk warisan budaya yang bisa ditingkatkan ke cagar budaya atau bukan.
Yuwono mengatakan bahwa persyaratan untuk masuk ke cagar budaya itu ada 2 yang harus dipenuhi yaitu umur dan nilai penting. Bukan hanya dilihat sisi bagus atau jeleknya. Dalam pengamatan singkatnya, Yuwono memasukkan bangunan mediacenter ini  dalam jenis bangunan indies, karena semuanya simetris, dari kaki, badan dan kepala bangunan itu terlihat jelas. Ditambah ciri genting dan angin-angin yang merupakan ciri bangunan indies.***

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Agenda BBGRM XIII dan HKG Ke 44 di Girimulyo

BUPATI BUKA PENCANANGAN BBGRM dan HKG PKK

KANTOR KECAMATAN WATES RESMI PINDAH KE GEDUNG BARU

BUPATI BUKA TMMD DI KOKAP

Sepeda dan Jalan Sehat UNY Kampus Wates



.:: Berita Subdomain ::::::::.

Bupati Meresmikan Balai RW

Kelurahan Wates Jadi Salah Satu Titik Kunjungan BBGRM 2016

Pengumuman Hasil UN SMA/SMK Tahun 2016

Study Banding Koperasi KPRI Hidup Tulungagung ke Tomira

REKONSILIASI PBB 2012

Tanggal 3 Mei Kecamatan Wates Tempati Kantor Baru

Penilaian Lomba Pembangunan Pertanian

Menteri Puspayoga : Koperasi Pedagang Pasar Tradisional Harus Jadi Prioritas LPDB

Pengamanan Hari Tari Dunia

Edaran Program Indonesia Pintar

JOB FAIR

LOMBA LPMD

HABIS SOSIALISASI PARA PEGAWAI KECAMATAN KALIBAWANG MAKAN SIANG DENGAN MENU IKAN

Virus Zika Tidak Menular Lewat ASI

YUUUCCCKK....SENAM MASSAL

“ Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita ”

BIASAKAN HIDUP DENGAN MAKAN IKAN SEDARI SEKARANG

UJIAN PERANGKAT DESA TANJUNGHARJO

LLP-KUKM Ajak UKM Terus Berinovasi

Lowongan Kerja PT. INDOMARCO ADI PRIMA (AREA JOGJA)

PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2016

Safari Jumat di Masjid Al-Furqon Boto Wetan Kembang Nanggulan

Bupati Meresmikan Rice Milling Unit (RMU) di Girimulyo

LPDB-KUMKM Kucuri Pinjaman Dana 2.000 Pengusaha Perempuan IPEMI

TANDES, Program Percepatan Pembangunan Desa di Kulon Progo



.:: Artikel ::::::::.

Part Time Job For Students

Education System Is A Serious Problem In This Country

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

dari Kampung KB Tegiri 2 Menuju Kulon Progo Sejahtera

Inovasi Daerah : Mengganti Raskin Menjadi Rasda