Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

KB Sebagai Hak Asasi Manusia


Setiap tanggal 11 Juli sejak diputuskan dalam sidang PBB tahun 1989, kita memperingati Hari Kependudukan Dunia. Bukan hanya kita di Indonesia, tetapi juga seluruh bangsa-bangsa di dunia. Tujuan peringatan ini selain untuk meningkatkan perhatian kita terhadap pentingnya masalah-masalah kependudukan dalam kerangka pembangunan nasional, juga perlunya kita segera mencari solusi untuk memecahkan permasalahan-permasalahan kependudukan tersebut.
Berbicara tentang Hari Kependudukan Dunia tidak bisa lepas dari fakta jumlah penduduk dunia yang semakin meningkat pesat. Pada 11 Juli 1987, Dana Penduduk Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFPA - United Nations Fund for Population Activities) memperkirakan jumlah penduduk dunia telah mencapai 5 miliar. Berdasarkan fakta ini, kemudian dalam sidang PBB Tahun 1989 disepakati bahwa 11 Juli sebagai Hari Kependudukan Dunia.
Setiap tahun, peringatan Hari Kependudukan Dunia mengusung tema yang berbeda. Tahun 2018 ini tema yang diusung adalah "Family Planning Is Human Right" atau "Keluarga Berencana sebagai Hak Asasi Manusia". Ini bercermin pada 50 tahun yang lalu, tepatnya pada 13 Mei 1968, ketika diselenggarakan Konferensi International tentang Hak Asasi Manusia di Teheran, Iran, Keluarga Berencana untuk pertama kalinya ditetapkan sebagai hak asasi manusia.
Program keluarga berencana yang dimulai sejak awal tahun 1970, telah menjadi bagian dari rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang Indonesia dan juga telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Sustainable Development Goal - Program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Program KB juga telah berhasil meningkatkan angka prevalensi kontrasepsi dari sekitar 10 persen pada 1970 dan menjadi sekitar 62 persen pada 2017. Tingkat fertilitas total (TFR) juga telah turun dari 5,6 menjadi 2,4 pada periode yang sama.
Namun demikian, terjadi kecenderungan stagnansi dalam hampir 1,5 dekade terakhir ini, walaupun mengalami perbaikan mulai 2015. Berbagai survei seperti Supas 2015, Susenas 2015, dan juga SDKI 2017 menunjukkan terjadinya sedikit kenaikan CPR dan penurunan TFR.
Dalam upaya menangani hal di atas dan melaksanakan komitmen global program keluarga berencana, family planning 2020, Pemerintah Indonesia, dalam hal ini BKKBN, Kementerian Kesehatan dan Bappenas, bekerja sama dengan UNFPA, dan Pemerintah Canada telah menyusun "Strategi berbasis hak untuk peningkatan akses pelayanan KB dan kesehatan reproduksi terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan pembangunan Indonesia".
Strategi ini diharapkan menjadi referensi dan petunjuk bagi seluruh program dan sektor, termasuk LSM dan swasta, dalam melaksanakan dan memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan program KB di Indonesia. Strategi ini juga diharapkan dapat dijadikan petunjuk dalam rangka pemerataan pelayanan dan informasi keluarga berencana dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.
Demi meluaskan strategi ini, BKKBN bekerja sama dengan UNFPA menyelenggarakan seminar "Keluarga Berencana sebagai Hak Asasi Manusia" sebagai bagian dari peringatan Hari Kependudukan Dunia tahun 2018 yang akan diselenggarakan pada hari Rabu, 25 Juli 2018 di Jakarta. Seminar "Keluarga Berencana sebagai Hak Asasi Manusia" dalam rangka memperingati Hari Kependudukan Dunia tentunya bukan tanpa tujuan. Diharapkan dengan seminar tersebut akan dapat meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya program keluarga berencana dalam rangka mencapai Program Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.
Selain itu juga diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan komitmen berbagai sektor dalam rangka pemerataan pelayanan dan informasi keluarga berencana kepada seluruh masyarakat. Seminar ini akan diikuti oleh kurang lebih 400 peserta dari pusat, mulai dari pembuat kebijakan, mitra pembangunan, tokoh masyarakat, mahasiswa, serta perwakilan BKKBN provinsi di seluruh Indonesia. Selama seminar berlangsung juga akan diselenggarakan pula pameran kependudukan dengan berbagai aktivitas menarik.

Drs. Mardiya
Ka Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Upacara Peringatan HUT Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di Kulon Progo

Anugerah Iptek Kreanova Menoreh Tahun 2018

Apresiasi Proyek Perubahan Yang Jadi Kenyataan

Launching Si Peluru Jamesbon

Bupati Melantik 81 PNS



.:: Berita Subdomain ::::::::.

Peutupan Pelatihan Ketrampilan Calon Tranasmigran Tahun 2018

UPACARA DETIK-DETIK PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI K3 73 TINGKAT KECAMATAN GIRIMULYO ADA NUANSA JAWANYA

BAZAR RAMAIKAN KEGIATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE-73 KECAMATAN KALIBAWANG

RESTU BUMI PENTAS SENI

Pengumuman Hasil Seleksi Beasiswa Diklat dari BP3 Curug untuk Program Marshaller dan HLO

Upacara/Apel Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73

Detik-Detik Proklamasi Di Kecamatan Wates

DETIK-DETIK PROKLAMASI...

DETIK-DETIK PROKLAMASI...

Empat BUMN Bersinergi Meriahkan HUT ke-73 RI di Kulon Progo

3 Orang Warga Binaan Rumah Tahanan Wates dapat Remisi Langsung Bebas

SEMARAK, PAWAI KARNAVAL KECAMATAN LENDAH

PENCAIRAN PERDANA BPNT KECAMATAN LENDAH

Jamin Kualitas Daging Kurban, Pemerintah Terapkan Standar ASUH

Aksi Kerja Bakti dan Penggalangan Dana dalam Memperingati Hari Pramuka ke-57

Seleksi Calon Peserta Magang Bagi Alumni Balai Latihan Kerja di PT Komatsu Undercarriage Indonesia

Peringatan Hari Anak Kabupaten Kulon Progo dengan tema Mendorong Terwujudnya Destinasi Wisata yang R

WebGIS Jalan Kabupaten Kulon Progo

Pawai dan Karnaval HUT RI Ke 73 Kecamatan Wates

KARTU KELUARGA SEJAHTERA (KKS) NANGGULAN..

KARTU KELUARGA SEJAHTERA (KKS) NANGGULAN..

Pengurus Kabupaten Kulon Progo ISSI Dilantik dan Dikukuhkan

MENGENALI NEGERI DAN BUDAYA MELALUI ARSIP

Persiapan NYIA, Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Curug menyeleksi Bidang Kebandarudaraan

Arsip Kenali Negeri dan Budayamu



.:: Artikel ::::::::.

Hari Keluarga: Hari Kita Semua

KB Sebagai Hak Asasi Manusia

Devinfo dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Program KKbpk

Mengenal Sekolah Siaga Kependudukan

Mewujudkan Masyarakat Berwawasan Kependudukan Melalui Pendidikan Kependudukan