Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Pedoman Branding Kabupaten Kulon Progo - Hal. 1

KULON PROGO
The Jewel Of Java



LATAR BELAKANG
Pentingnya membangun brand telah dilakukan Kulon Progo yang merupakan bagian wilayah dari Daerah Istimewa Yogyakarta melihat beberapa aspek dan tujuan demi kemajuan Kulon Progo di masa yang akan datang. Beberapa aspek yang mendorong Kulon Progo melakukan branding adalah sebagai berikut:

1. Secara geografis Kulon Progo berada pada wilayah strategis dimana Kulon Progo terbagi atas 3 bagian,dataran tinggi, perbukitan dan dataran rendah juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Kondisi ini memiliki potensi-potensi alam yang luar biasa. Potensi alam Kulon Progo merupakan aset yang layak dikembangkan secara maksimal untuk kemajuan Kulon Progo.
2. Perkembangan teknologi dan informasi mendorong munculnya kompetisi antar daerah untuk saling mempromosikan diferensiasi daerahnya dengan tujuan trade, tourism atau investment (TTI). Dengan ciri khas Kulon Progo yang memiliki sumber daya alam berlimpah dan didukung kekayaaan seni budaya serta kearifan lokal masyarakat Kulon Progo yang unik menjadikan Kulon Progo siap bersaing sebagai daerah investasi multi potensi yang tepat bagi investor.
3. Potensi-potensi yang dimiliki Kulon Progo sebagai daerah investasi bagi investor lokal maupun mancanegara diharapkan akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kulon Progo. Kulon Progo melihat bahwa langkah branding merupakan langkah tepat untuk mencitrakan dan mempromosikan Kulon Progo sebagai daerah yang unik, terbukadan siap untuk perubahan.

MISI BRAND
Kulon Progo : The Jewel of Java
Mempunyai satu misi untuk mempromosikan Kulon Progo tidak hanya sebagai bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta melainkan Kulon Progo berusaha mencitrakan diri sebagai daerah yang memiliki multi potensi alam yang didukung oleh sumber daya manusia yang diharapkan mampu menarik para investor. Upaya branding ini dilakukan sepenuhnya unttuk kesejahteraan kehidupan masyarakat Kulon Progo.

VISI BRAND
Kulon Progo : The Jewel of Java
Memiliki visi untuk menjadikan Kulon Progo sebagai "Permata dari Pulau Jawa" dengan segala potensi-potensi Kulon Progo (baik kekayaan sumber daya alam, seni budaya, dan pariwisata) sebagai daerah yang tepat untuk investasi.

ELEMEN NAMA BRAND
Kulon Progo : The Jewel of Java didesain dengan penuh arti dan makna yaitu membawa spirit nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kulon Progo yang memiliki keunikan dan kreativitas dan didukung kekayaan alam yang berlimpah. Kulon Progo yang berada di tengah pulau jawa menyimpan kekayaan alam yang masih dapat di eksplorasi secara maksimal. potensi terpendam inilah yang bila dikembangkan dan diasah dapat mewujudkan Kulon Progo sebagai " The Jewel of Java" seutuhnya. Semangat ini memprsentasikan kesiapan terhadap kompetensi daerah pembangunan ekonomi dan keterbukaan pada perubahan serta modernisasi tanpa meninggalkan keunikan dan norma-norma tradisi yang kental sebagai kekayaan orisinil Kulon Progo.

NAMA
Berdasarkan sejarah Kulon Progo merupakan penggabungan antara Kabupaten Kulon Progo dan kabupaten Adikarta. Penilisan "Kulon Progo" yang disambung pada logo menunjukkan bahwa Kulon progo merupakan Satu kesatuan daerah yang tidak terpisahkan. Penggabungan nama juga akan mempermudah dalam penyebutan dan lebih mudah untuk diingat.

FILOSOFI LOGO
Pada dasarnya keseluruhan logo Kulon Progo melambangkan potensi alami (natural), unsur etnisitas dan budaya yang dibalut kearifan lokal serta dimanisasi atau keluwesan untuk menerima perubahan dan pembaharuan yang mengembangkan daerah Kulon Progo. Hal itu tampak pada:

1. Huruf "K" yang membentuk alur memanjang vertikal-horisontal seperti sebuah keris. Melambangkan Kulon Progo sebagai daerah yang kaya nilai kebudayaan dan kesenian jawa. Huruf "K" yang juga memanjang ke bawah tulisan Kulon Progo mengibaratkan bahwa Kulon Progo memiliki kekayaan potensi alam yang dapat menopang kehidupan masyarakatnya.
2. Huruf "P" dengan lekuk yang tegas melambangkan kepala Elang Jawa menunjukkan nilai keteguhan, keberanian dan komitmen Kulon Progo sebagai daerah yang melindungi keanekaragaman hayati.
3. Huruf "G" dibuat mengesankan sisi kendi yang ada disetiap rumah di Kulon Progo. kendi merupakan perlambang keramahan, penerimaam, dan nilai kekeluargaan yang tumbuh dan berkembang dalam kultur kehidupan masyarakat Kulon Progo yang selalu menjunjung tinggi tradisi serta kebudayaan.
4. Huruf "O" diakhir kata dimodifikasi menjadi bentuk permata dengan kilauan warna pelangi yang melambangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Kulon Progo. Secara kesatuan melambangkan daerah Kulon Progo yang ibarat sebuah permata yang siap di kembangkan potensinya. Secara keseluruhan kulon Progo sebagai kesatuan wilayah dan masyarakatnya yang tak terpisahkan.

Lanjut >>

« Kembali

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Seminar Pencegahan Radikalisme Ekstrimisme dan Terorisme

Majlis Dakwah Dorong Spirit Berjuang

FKM Unhas Kunjungi Kulon Progo

Pengukuhan Tim Pelaksana Satu Data

Launching Pembayaran Non Tunai Pasar Sentolo, Peresmian Pasar Nanggulan dan Peresmian Rumah Produksi



.:: Berita Subdomain ::::::::.

Lowongan Kerja BJ HOME SUPERMARKET BANGUNAN

Lowongan Kerja LARIZO

Diskusi Remaja Muslimah, Gratis @Perpusda

Lowongan Kerja NISSAN - DATSUN BANTUL YOGYAKARTA

"Idola Zaman Now" Sharing Perempuan dan Remaja Islam "GRATIS"

SOSIALISASI PERBUB NO 47 TH 2014 PEDOMAN PENGELOLAAN BUDIDAYA TERNAK DI LENDAH

FORMAT PEMBERKASAN PPG DALAM JABATAN TAHUN 2018

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 22 Januari 2018

Pengumuman Pengadaan Jasa Tenaga Pendukung Administrasi dan Pendukung Teknis BIG Tahun 2018

Hasil Akhir Seleksi Pengadaan Tenaga Kerja/Tenaga Lainnya Tahun Anggaran 2018

SOSIALISASI PELAKSANAAN NORMALISASI DAS PROGO

Hasil Seleksi Administrasi Tenaga Kerja/Tenaga Lainnya 2018 Formasi Tenaga Administrasi Sarpras SD

Pengumuman Hasil Ujian Tertulis dan Wawancara THL DKP Kab KP Tahun 2018

Lowongan Kerja ISO PRINTER Yogyakarta

Lowongan Kerja MEGA BORDIR Yogyakarta

Lowongan Kerja HOTEL WISANTI Yogyakarta

Pengumuman Daftar Peserta Lolos Seleksi Tes Tertulis PT.BPR NUSAMBA TEMON

Penerimaan Karyawan Kontrak Universitas Ahmad Dahlan Tahun 2018

Pemberangkatan Calon Tenaga Kerja PT Philips Batam

Penerimaan THL Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa Pengendalian Penduduk & KB

SELEKSI PT. BPR NUSAMBA TEMON

Lowongan THL Sopir Plus Layanan Perpustakaan Di DISPUSSIP Kulon Progo

Kegiatan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) PT Philips Batam dan PT Thiess Contractors Indonesia

Sosialisasi Ketenagakerjaan Kepada Wali Siswa Kelas 3 MAN 1 Kulon Progo

Perubahan Jadwal Uji Kompetensi



.:: Artikel ::::::::.

Kampung KB Wahana Pemberdayaan Masyarakat

Tantangan Mendewasakan Usia Perkawinan Remaja Kita

Kampung KB di Kulon Progo, Butuh Sinergitas Semua Pihak

Membangkitkan Semangat Hidup Lansia Melalui Perilaku Hidup Sehat

Tips Menjadikan IUD Kontrasepsi Pilihan