Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Pedoman Branding Kabupaten Kulon Progo - Hal. 1

KULON PROGO
The Jewel Of Java



LATAR BELAKANG
Pentingnya membangun brand telah dilakukan Kulon Progo yang merupakan bagian wilayah dari Daerah Istimewa Yogyakarta melihat beberapa aspek dan tujuan demi kemajuan Kulon Progo di masa yang akan datang. Beberapa aspek yang mendorong Kulon Progo melakukan branding adalah sebagai berikut:

1. Secara geografis Kulon Progo berada pada wilayah strategis dimana Kulon Progo terbagi atas 3 bagian,dataran tinggi, perbukitan dan dataran rendah juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Kondisi ini memiliki potensi-potensi alam yang luar biasa. Potensi alam Kulon Progo merupakan aset yang layak dikembangkan secara maksimal untuk kemajuan Kulon Progo.
2. Perkembangan teknologi dan informasi mendorong munculnya kompetisi antar daerah untuk saling mempromosikan diferensiasi daerahnya dengan tujuan trade, tourism atau investment (TTI). Dengan ciri khas Kulon Progo yang memiliki sumber daya alam berlimpah dan didukung kekayaaan seni budaya serta kearifan lokal masyarakat Kulon Progo yang unik menjadikan Kulon Progo siap bersaing sebagai daerah investasi multi potensi yang tepat bagi investor.
3. Potensi-potensi yang dimiliki Kulon Progo sebagai daerah investasi bagi investor lokal maupun mancanegara diharapkan akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, kemajuan dan kemakmuran masyarakat Kulon Progo. Kulon Progo melihat bahwa langkah branding merupakan langkah tepat untuk mencitrakan dan mempromosikan Kulon Progo sebagai daerah yang unik, terbukadan siap untuk perubahan.

MISI BRAND
Kulon Progo : The Jewel of Java
Mempunyai satu misi untuk mempromosikan Kulon Progo tidak hanya sebagai bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta melainkan Kulon Progo berusaha mencitrakan diri sebagai daerah yang memiliki multi potensi alam yang didukung oleh sumber daya manusia yang diharapkan mampu menarik para investor. Upaya branding ini dilakukan sepenuhnya unttuk kesejahteraan kehidupan masyarakat Kulon Progo.

VISI BRAND
Kulon Progo : The Jewel of Java
Memiliki visi untuk menjadikan Kulon Progo sebagai "Permata dari Pulau Jawa" dengan segala potensi-potensi Kulon Progo (baik kekayaan sumber daya alam, seni budaya, dan pariwisata) sebagai daerah yang tepat untuk investasi.

ELEMEN NAMA BRAND
Kulon Progo : The Jewel of Java didesain dengan penuh arti dan makna yaitu membawa spirit nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kulon Progo yang memiliki keunikan dan kreativitas dan didukung kekayaan alam yang berlimpah. Kulon Progo yang berada di tengah pulau jawa menyimpan kekayaan alam yang masih dapat di eksplorasi secara maksimal. potensi terpendam inilah yang bila dikembangkan dan diasah dapat mewujudkan Kulon Progo sebagai " The Jewel of Java" seutuhnya. Semangat ini memprsentasikan kesiapan terhadap kompetensi daerah pembangunan ekonomi dan keterbukaan pada perubahan serta modernisasi tanpa meninggalkan keunikan dan norma-norma tradisi yang kental sebagai kekayaan orisinil Kulon Progo.

NAMA
Berdasarkan sejarah Kulon Progo merupakan penggabungan antara Kabupaten Kulon Progo dan kabupaten Adikarta. Penilisan "Kulon Progo" yang disambung pada logo menunjukkan bahwa Kulon progo merupakan Satu kesatuan daerah yang tidak terpisahkan. Penggabungan nama juga akan mempermudah dalam penyebutan dan lebih mudah untuk diingat.

FILOSOFI LOGO
Pada dasarnya keseluruhan logo Kulon Progo melambangkan potensi alami (natural), unsur etnisitas dan budaya yang dibalut kearifan lokal serta dimanisasi atau keluwesan untuk menerima perubahan dan pembaharuan yang mengembangkan daerah Kulon Progo. Hal itu tampak pada:

1. Huruf "K" yang membentuk alur memanjang vertikal-horisontal seperti sebuah keris. Melambangkan Kulon Progo sebagai daerah yang kaya nilai kebudayaan dan kesenian jawa. Huruf "K" yang juga memanjang ke bawah tulisan Kulon Progo mengibaratkan bahwa Kulon Progo memiliki kekayaan potensi alam yang dapat menopang kehidupan masyarakatnya.
2. Huruf "P" dengan lekuk yang tegas melambangkan kepala Elang Jawa menunjukkan nilai keteguhan, keberanian dan komitmen Kulon Progo sebagai daerah yang melindungi keanekaragaman hayati.
3. Huruf "G" dibuat mengesankan sisi kendi yang ada disetiap rumah di Kulon Progo. kendi merupakan perlambang keramahan, penerimaam, dan nilai kekeluargaan yang tumbuh dan berkembang dalam kultur kehidupan masyarakat Kulon Progo yang selalu menjunjung tinggi tradisi serta kebudayaan.
4. Huruf "O" diakhir kata dimodifikasi menjadi bentuk permata dengan kilauan warna pelangi yang melambangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Kulon Progo. Secara kesatuan melambangkan daerah Kulon Progo yang ibarat sebuah permata yang siap di kembangkan potensinya. Secara keseluruhan kulon Progo sebagai kesatuan wilayah dan masyarakatnya yang tak terpisahkan.

Lanjut >>

« Kembali

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Pelatihan dan Pemagangan di BLK Meningkat

Job Fair Kulon Progo 2018 Dibuka

Bimtek Kulon Progo SMART City

Wakil Bupati Halal Bi Halal Ke Pondok Pesantren

Syawalan Gubernur DIY di Kulon Progo



.:: Berita Subdomain ::::::::.

PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON PESERTA PELATIHAN KEBANDARUDARAAN AIRLINES STAFF dan GROUND STAFF 2018

SAFARI JUM'AT DI MASJID NUR HIDAYAH NANGGULAN

SAFARI JUM'AT DI MASJID NUR HIDAYAH NANGGULAN

Geopark Indonesia Mendunia

Transformasi Koperasi Indonesia

Kabupaten Kulon Progo Melepas 333 Calon Haji 2018

Asyiknya Nobar Piala Dunia di Perpusda

Workshop Implementasi District Health Information System Software (DHIS2)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo Pererat Kerjasama Kemitraan dengan BPBI Abiyoso

Menyongsong API: Dinas Pariwisata Kulon Progo gelar Jumpa Pers

10 Motif Batik Paling Populer di Indonesia

Pak Ndut (Drs. Mardiya) Suarakan Program Pembangunan Lewat Lagu

Peserta Lolos Seleksi Administrasi Pengadaan Tenaga Bantu Pendidikan Non PNS Gelombang II

ATM, Jurus Jitu Memulai Usaha

Pembinaan Linmas Desa Karangsari Persiapan Pengamanan Pemilu 2019

Pembuatan Sumur Bor oleh Tagana Kab. Kulon Progo

Harganas Kulon Progo Dipusatkan di Sentolo

NASA NANGGULAN PENUH HARU DAN PENGHARAPAN..

Pertemuan Forum Masyarakat Kearsipan di Gunung Kidul

Surat Edaran Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun 2018

Lowongan Kerja GURU AGAMA ISLAM - SD MUHAMMADIYAH BEDOYO

HATI-HATI PENIPUAN PENERIMAAN PNS 2018

Acara Tahunan Jogja OPEN Artistic Swimming Resmi Dibuka

Diskominfo Kulon Progo Tuntas Selenggarakan Forum Data

Gaungkan Semarak Asian Games



.:: Artikel ::::::::.

Devinfo dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Program KKbpk

Mengenal Sekolah Siaga Kependudukan

Mewujudkan Masyarakat Berwawasan Kependudukan Melalui Pendidikan Kependudukan

Gerakan Berbasis Hati

Tantangan Pengendalian Penduduk Kulon Progo Tahun 2018