Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Wakil Bupati Halal Bi Halal Ke Pondok Pesantren


Pelatihan dan Pemagangan di BLK Meningkat

Job Fair Kulon Progo 2018 Dibuka

Bimtek Kulon Progo SMART City

Wakil Bupati Halal Bi Halal Ke Pondok Pesantren

Syawalan Gubernur DIY di Kulon Progo

Dibangun Dalam Waktu 2 Bulan, Masjid Tiban Abdul Jalil Diresmikan

 

KULON PROGO, Sudah menjadi agenda tahunan setiap bulan syawal, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bersama unsur Forkopimda dan beberapa jajaran pimpinan di lingkungan setda Pemkab Kulon Progo serta pimpinan BUMD, berkunjung ke Pondok Pesantren untuk melakukan silaturahim, halal bi halal dan berbagi sedekah kepada Pondok Pesantren yang dituju.

Untuk kali ini, pada hari Senin (9/7) Wakil Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo selaku pimpinan rombongan mengunjungi 3 (tiga) Pondok Pesantren yang ada di Kulon Progo, yaitu : (1). Pondok Pesantren Nurul Amin, Malangan, Srikayangan, Sentolo, (2). Pondok Pesantren Modern Al Manar Muhammadiyah, Klampok Brosot, Galur, (3). Pondok Pesantren Al Kalamy Janten, Temon, Kulon Progo.

Rombongan diterima di masing-masing Pondok dengan baik, dan dihadiri Camat beserta muspika kecamatan, Kepala Desa beserta perangkatnya serta tokoh masyarakat setempat.

Pada saat berkunjung di Pondok Pesantren Nurul Amin, Malangan, Srikayangan Sentolo, Pengasuh Pondok Pesantren KH. Zainal Gufron Ma’ruf menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan, silaturahim, halal bi halal dan pemberian bantuannya serta meminta kepada pihak pemerintah untuk membantu pembangunan pondok pesantren secara fisik.

"Saya pernah melihat dan menerima bedah rumah di Sentolo ini, tetapi belum pernah menerima kegiatan bedah pondok" kata Kyai Zainal sambil berseloroh.

Kyai Zainal menambahkan, Pondok Pesantren Nurul Amin termasuk Pondok tertua yang ada di Kecamatan Sentolo, berdiri pada tahun 1991 yang pada saat itu diasuh oleh Kyai Nurul Abrori.

"Sekarang ini Pondok semakin berkembang baik secara kualitas maupun kuantitas seperti memiliki peralatan musik religi hadroh yang dikolaborasikan dengan alat musik gamelan, meski dengan kondisi bangunan yang seadanya tidak semegah pondok-pondok lain yang baru, dan menerima santri dari berbagai daerah di Indonesia."jelas Kyai Zainal.

Selanjutnya Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo beserta rombongan menuju Pondok Pesantren Modern Al Manar Muhammadiyah, Klampok Brosot, Galur.

Rombongan diterima langsung oleh Pimpinan Pondok tersebut beserta jajarannya di Masjid Al Manar di lingkungan seputar Pondok.

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al Manar Muhammadiyah, Klampok Brosot, Galur, Ismail Taufik, mengatakan, Pondok Pesantren Al Manar ini resmi berdiri pada tahun 2002 dan telah meluluskan banyak santri yang telah tersebar di seluruh Indonesia.

Ismail Taufik lebih jauh mengantakan, kunjungan Wakil Bupati beserta rombongan merupakan suatu kehormatan bagi Pondok Pesantren, dengan harapan dapat lebih menjalin hubungan silaturahmi dan persaudaraan (ukhuwah) antara Pemerintah dengan Pondok Pesantren.

"Untuk santri kelas 5 dan 6 hanya nginap setiap jumat malam, sedangkan untuk santri SMP nginap di Pondok dan hanya sebulan sekali boleh pulang bertemu orang tuanya, hal ini dimaksudkan kalau setiap hari pulang ilmu yang didapat bisa tercecer di jalan" ujar Ismail

Sementara itu, kunjungan terakhir di Pondok Pesantren Al Kalamy Janten, Temon, Kulon Progo, mendekati waktu maghrib, juga diterima langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren tersebut, KH. Muhammad Rifki Nur Abdillah beserta anggota dan santrinya.

Seperti pimpinan pondok yang lain, pimpinan pondok pesantren Al Kalamy, Kyai Muhammad Rifki juga menyampaikan rasa terimakasihnya bahwa Pemerintah Kabupaten Kulon Progo telah berkenan hadir untuk bersilaturahim dan halal bi halal serta memberikan sumbangan atau bantuannya. Muh.Rifki berharap kunjungan ini dapat lebih mempererat hubungan antara ulama dan jajaran pemerintah untuk bersama-sama ikut membangun Kulon Progo.

Pada kesempatan ini diberikan ke masing-masing pondok, bantuan dari Basnaz Kabupaten Kulon Progo berupa uang sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) dan bingkisan dari Bank BPD DIY serta BUMD lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kulon Progo, Drs,H.Sutedjo, pada kesempatan ini mengatakan, bahwa kunjungan ini bertujuan untuk silaturahim, halal bi halal dan memberikan bantuan kepada beberapa pondok pesantren yang ada di Kulon Progo.

"Kami juga mengucapkan terimakasih karena Pondok Pesantren selama ini sudah ikut membangun bangsa dan negara ini, seperti membangun pendidikan mental dan spriritua, mencerdaskan kehidupan bangsa baik jasmani dan rohani, hal ini sudah sesuai dengan tujuan negara kita. Selain itu, Pondok pesantren juga sudah ikut menggiatkan pendidikan karakter yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo seperti yang tertuang adalm Perda Pendidikan Karakter, untuk mewujudkan generasi yang religius, Pancasilais, dan pendidikan Kemataraman." Tegas Sutedjo.
(Bud-Humas KP)

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Pelatihan dan Pemagangan di BLK Meningkat

Job Fair Kulon Progo 2018 Dibuka

Bimtek Kulon Progo SMART City

Wakil Bupati Halal Bi Halal Ke Pondok Pesantren

Syawalan Gubernur DIY di Kulon Progo



.:: Berita Subdomain ::::::::.

PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON PESERTA PELATIHAN KEBANDARUDARAAN AIRLINES STAFF dan GROUND STAFF 2018

SAFARI JUM'AT DI MASJID NUR HIDAYAH NANGGULAN

SAFARI JUM'AT DI MASJID NUR HIDAYAH NANGGULAN

Geopark Indonesia Mendunia

Transformasi Koperasi Indonesia

Kabupaten Kulon Progo Melepas 333 Calon Haji 2018

Asyiknya Nobar Piala Dunia di Perpusda

Workshop Implementasi District Health Information System Software (DHIS2)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo Pererat Kerjasama Kemitraan dengan BPBI Abiyoso

Menyongsong API: Dinas Pariwisata Kulon Progo gelar Jumpa Pers

10 Motif Batik Paling Populer di Indonesia

Pak Ndut (Drs. Mardiya) Suarakan Program Pembangunan Lewat Lagu

Peserta Lolos Seleksi Administrasi Pengadaan Tenaga Bantu Pendidikan Non PNS Gelombang II

ATM, Jurus Jitu Memulai Usaha

Pembinaan Linmas Desa Karangsari Persiapan Pengamanan Pemilu 2019

Pembuatan Sumur Bor oleh Tagana Kab. Kulon Progo

Harganas Kulon Progo Dipusatkan di Sentolo

NASA NANGGULAN PENUH HARU DAN PENGHARAPAN..

Pertemuan Forum Masyarakat Kearsipan di Gunung Kidul

Surat Edaran Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun 2018

Lowongan Kerja GURU AGAMA ISLAM - SD MUHAMMADIYAH BEDOYO

HATI-HATI PENIPUAN PENERIMAAN PNS 2018

Acara Tahunan Jogja OPEN Artistic Swimming Resmi Dibuka

Diskominfo Kulon Progo Tuntas Selenggarakan Forum Data

Gaungkan Semarak Asian Games



.:: Artikel ::::::::.

Devinfo dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Program KKbpk

Mengenal Sekolah Siaga Kependudukan

Mewujudkan Masyarakat Berwawasan Kependudukan Melalui Pendidikan Kependudukan

Gerakan Berbasis Hati

Tantangan Pengendalian Penduduk Kulon Progo Tahun 2018