Pemerintah Kabupaten Kulon Progo
Rubrik : Berita Utama
Raup 2 Milyar, MF 2012 Kulon Progo Resmi Ditutup
2012-10-08 09:48:23 - by : Media Center

Manunggal Fair (MF) 2012 di Kulonprogo akhirnya ditutup oleh Wakil Bupati Kulonprogo, Drs. H. Sutedjo, kemarin malam (6/10). Acara penutupan yang berlangsung di Alun-alun Wates dihadiri oleh Forkopimda, SKPD, PKK dan beberapa tamu undangan.


Tidak hanya itu, penutupan Manunggal Fair juga dimeriahkan dengan pesta kembang api yang digelar secara spektakuler. Hingga kini, MF sudah digelar sebanyak 12 kali, dan pada penutupan kali itu juga dimeriahkan dengan pemberian trophy peserta pameran dengan stan terbaik Manunggal Fair 2012, Reggae Ambassador Ras Muhamad, serta beberapa band lokal.


"Perlu diketahui bahwa Manunggal Fair 2012 ini dirancang dan ditata berbeda dengan tahun yang telah lalu. Semua itu mengandung makna supaya warga masyarakat dapat melihat hasil dari UMKM dengan senang hati karena stan sudah dikelompokkan sesuai dengan jenis produknya," ujar Sutedjo.


Mengamini Wabup Kulonprogo, Rudy Widiatmoko, Ketua Panitia MF 2012, mengungkapkan bahwa selama berlangsungnya MF pada 28 September - 6 Oktober, nilai transaksi yang dibukukan mencapai Rp 2 milyar lebih. Jumlah ini meningkat dibandingkan nilai transaksi MF 2011 yang hanya mencatat sekitar Rp 1,6 milyar. Dengan demikian ada peningkatan omset sebesar sekitar 41%.


Perlu diketahui juga bahwa peserta MANUNGGAL FAIR 2012 ini semaki banyak dibanding tahun 2011. Hal tersebut diketahui dari jumlah instansi, BUMN/BUMD dan ormas 85 peserta, dan peserta umum 74.


Menurut Rudy selama berlangsungnya acara ini, panitia telah menilai stan para peserta, hingga yang menjadi Juara dalam kategori umum/swasta berturut-turut adalah : PT. Pegadaian (Persero), Bank BRI Wates dan Paradewa Craft (Dongklak Art). Sedangkan untuk Kategori Sekolah/Perguruan Tinggi, juaranya adalah SD Percobaan 4, SMK 2 Pengasih, dan IKIP PGRI Wates. Untuk Kategori SKPD/Instansi berturut-turut adalah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulonprogo, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kab. Kulonprogo, dan Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Kulonprogo.


"Selama MANUNGGAL FAIR 2012 warga masyarakat yang menginginkan pelayanan dari instansi, seperti akte kelahiran, pajak, perbankan, kesehatan serta surat-surat kendaraan, saged dipun aturi pelayanan kanthi sae," tambah Rudy. (mc)


 

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo : http://www.kulonprogokab.go.id/v21
Versi Online : http://www.kulonprogokab.go.id/v21/?pilih=news&aksi=lihat&id=2385