Pemerintah Kabupaten Kulon Progo
Rubrik : Berita Utama
Target Pajak Kulon Progo Tahun 2012 Terlampaui
2013-03-06 13:44:36 - by : mc

Kegiatan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh merupakan salah satu bentuk keteladanan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan sebelum batas waktu. Untuk itu diperlukan sinergi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kulonprogo dan KPP Pratama Wates, terutama dalam hal pertukaran data, sosialisasi peranan pajak di setiap lini kegiatan terutama kegiatan pembangunan fisik berupa statement bahwa berbagai Pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Kulonprogo, atas peran serta wajib pajak dalam membayar pajak. Demikian disampaikan Drs. H. Sutedjo, Wabup Kulonprogo dalam acara Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh 2012 Kabupaten Kulonprogo, di Gedung Kaca, Rabu (06/03).
"Saya berharap, sebagai Warga Negara Indonesia yang baik dan sadar hukum agar  seluruh masyarakat Kabupaten Kulonprogo ikut berpartisipasi aktif demi mengamankan penerimaan negara," kata Wabup menambahkan.
Menurut Kepala KPP Wates, Anda Amirullah, sosialisasi dan penyuluhan akan hak dan kewajiban perpajakan akan terus dilaksanakan oleh Dirjen Pajak, baik kepada pihak eksternal maupun internal DJP sendiri. Dengan sosialisasi ini diharapkan terwujud masyarakat "Tax Minded" sehingga tingkat kepatuhan wajib pajak meningkat dan penerimaan pajak juga meningkat.
Anda Amirullah menambahkan, untuk memudahkan wajib pajak dalam penyampaian SPT tahunan PPH, Kantor Pajak telah meletakkan Drop Box di tempat-tempat strategis, sehingga dimanapun, siapapun dan darimanapun wajib pajak berasal dapat melaporkan SPT tahunan PPH. Dengan demikian diharapkan kesadaran wajib pajak akan meningkat dalam melaporkan penghasilan dan segala transaksi bisnis dalam SPT tahunan.
Mulai tahun pajak 2009, SPT Tahunan tidak lagi dikirim ke alamat wajib pajak (WP), sehingga WP harus mengambil sendiri di tempat yang telah ditentukan oleh Dirjen Pajak sesuai dengan pasal 3 ayat 2, UU No. 16 tahun 2009 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Hal ini sejalan dengan sistem perpajakan yang dianut di Indonesia, yaitu self assessment.
Realisasi penerimaan pajak Kulonprogo tahun 2012 adalah Rp. 110.824.613.452,-, dari rencana sebesar Rp. 100.969.632.228,-, sehingga bila dipresentase menjadi 109,76 %. Hal ini merupakan prestasi yang cukup baik, karena bisa melampaui target yang ditentukan. Adapun Rencana penerimaan pajak tahun 2013 sebesar Rp.148.974.920.756,-.
Jumlah wajib pajak wajib lapor SPT Tahunan PPh tahun pajak 2012 yaitu WP orang pribadi (OP) ada sebanyak 33.673, dan WP Badan sebanyak 1.824. Untuk dapat memenuhi target di tahun 2013, berbagai upaya dilakukan Pemerintah untuk terus meningkatkan sektor pajak ini, salah satunya dengan cara sosialisasi tentang pentingnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pajak. Terutama bagi mereka yang berpenghasilan tinggi, pajak penghasilan masih perlu ditingkatkan.
Dalam acara yang dihadiri oleh segenap Forkopimda, kepala SKPD, WP orang pribadi, dan WP badan tersebut diberikan pula apresiasi terhadap pembayar pajak baik dari badan maupun orang pribadi dan instansi pemungut pajak. Pembayar pajak terbesar tahun 2012 dari kategori wajib pajak badan adalah PT Putra Patria Adikarsa, PT Selo Adikarto, dan PD Bank Pasar Kulonprogo. Dari kategori wajib pajak orang pribadi adalah Kuswadi, Sunarto dan Zuharsono. Sedang pemungut pajak terbesar Kulonprogo adalah Bendahara Pengeluaran Dinas Pendidikan, Pemkab Kulonprogo, dan Siurais Kantor Kementerian Agama Kulonprogo.
Dalam rangka memberikan kemudahan dalam penyampaian SPT Tahunan PPh sebelum jatuh tempo, KPP Pratama Wates tetap membuka layanan kegiatan mengisi bareng SPT. Bagi instansi maupun perusahaan yang menghendaki kegiatan ini dapat menyampaikan permohonan ke KPP Pratama Wates dengan menyebutkan waktu, tempat dan jumlah peserta. Sedangkan bagi wajib pajak yang kesulitan memenuhi kewajiban perpajakannya, KPP Pratama Wates membuka konsultasi pajak yang siap membantu pada jam kerja tanpa dipungut biaya, baik secara langsung maupun melalui telepon (0274) 4333943 atau (0274) 773132.***

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo : http://www.kulonprogokab.go.id/v21
Versi Online : http://www.kulonprogokab.go.id/v21/?pilih=news&aksi=lihat&id=2641