Pemerintah Kabupaten Kulon Progo
Rubrik : Berita Utama
Motivator dan Kelompok KB Pria Pandawa Maju Lomba Tingkat DIY
2015-04-28 13:59:33 - by : mc

Kelompok Keluarga Berencana (KB) Pria Pandawa maju lomba tingkat DIY. Penilaian dilakukan oleh Tim Penilai dari DIY Selasa (28/4), di Pendopo Kecamatan Pengasih. Tim penilai gabungan dari BKKBN DIY, MUI dan dokter dipimpin Dra. Ellya Nunuk Irihastuti ini berdialog dan wawancara dengan Kelompok KB Pria Pandawa dan Motivator KB Pria Heru Mei Yanto.
Dikatakan Ellya lomba kelompok KB pria ini dalam rangka memperingati Hari Keluarga Tingkat Nasional serta untuk memotivasi kelompok KB pria agar lebih terdorong lagi dalam menyukseskan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Selain itu ia juga mempersilahkan kepada masyarakat atau anggota kelompok KB Pria Pendawa untuk berdialog langsung dengan anggota Tim Penilai perihal MOP/ vasektomi agar tidak ada keraguan lagi dikalangan masyarakat.
"Kami bawa anggota tim dari ulama dan dokter, silahkan masyarakat bertanya langsung pada tim jika masih ada keraguan perihal KB vasektomi ini,"tutur Ellya
Kelompok KB Pria Pandawa yang diketuai Arief Budiyanto bersekretariat di Balai Desa Pengasih, telah mempelopori upaya menyukseskan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Terhitung sejak terbentuk 19 Agustus 2013 hingga tahun 2015 telah ada penambahan 46 akseptor MOP. Semula sebelum kelompok ini resmi terbentuk dari tahun 2005 sampai 2012 peserta MOP hanya 7 akseptor.
Kelompok ini melakukan komunikasi informasi dan edukasi (KIE) MOP dangan cara gethok tular, seni dan budaya, siaran radio serta langsung kepada suami istri usia subur. Keberhasilan Kelompok KB Pria ini tidak terlepas dari peran seorang motivator yang juga giat malakukan KIE MOP.
Heru Mei Yanto seorang anggota Polri di Polres Kulon Progo terpilih sebagai motivator yang mewakili Kulon Progo maju lomba tingkat DIY. Sebagai anggota Polri ia tidak hanya giat memotivasi sesama anggota Polri namun juga kepada masyarakat Pengasih pada umumnya. Sehingga ayah dari dua anak ini telah mampu memotovasi tidak kurang dari 16 Pasangan Usia Subur (PUS) untuk ikut KB Pria dengan MOP/Vasektomi.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo : http://www.kulonprogokab.go.id/v21
Versi Online : http://www.kulonprogokab.go.id/v21/?pilih=news&aksi=lihat&id=3761