Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Tingkatkan SDm Kesehatan, Bupati Malaka Jalin Kerjasama dengan Kulon Progo


Kemerdekaan Tidak Hanya Terbebas dari Penjajahan Fisik

Upacara Pemberian Remisi

Pemkab Akan Optimalkan Sistem Aduan Lapor!

Setiap Kamis Pahing ASN Kulon Progo Pakaian Jawa

Lomba Karnaval Kabupaten Berhadiah 16 Juta

Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017

 

 Dalam rangka untuk percepatan peningkatan SDM Kesehatan dan kualitas pelayanan Kesehatan di Kabupaten Malaka, Bupati Malaka Stefanus Bria Seran menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk membantu dalam pendampingan dan belajar SDM bidang kesehatan. Untuk meresmikan kerjasama ini, Penjabat (Pj.) Bupati Kulon Progo Ir.Budi Antono,MSi dan Bupati Malaka Stefanus Bria Seran melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman.

Keduanya sepakat melakukan kerjasama pendampingan langsung/ jarak jauh serta kegiatan peserta magang di Kabupaten Kulon Progo dalam rangka meningkatkan kapasitas manajemen dan kepemimpinan dinas kesehatan dan puskesmas se-Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur sesuai fungsi dan tugas serta wewenang masing-masing.

Dalam penandatanganan yang dilakukan di Ruang Menoreh, Jumat (12/5/2017) ini disaksikan Prof.Laksono Trisnantoro dari UGM, OPD terkait dari Kabupaten Kulon Progo dan dan OPD terkait Kabupaten Malaka.

Nota Kesepahaman berlaku untuk jangka waktu 2 (dua) tahun sejak ditandatangani dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan para pihak sesuai hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan. Pj.Bupati Kulon Progo Ir.Budi Antono,MSi menyampaikan kerjasama yang dilakukan saat ini adalah bentuk indahnya saling berbagi, seperti berbagi pengalaman.

"Yang ada saat ini kita saling berbagi, karena berbagi itu indah, berbagi pengalaman itu sangat amat indah termasuk hari ini" kata Budi Antono.

Meskipun beberapa waktu yang lalu belum ada payung hukum kerjasama, tapi Budi Antono menyampaikan tulus ikhlas untuk saling berbagi. Dari Kulon Progo hadir di Malaka, dari Malaka hadir di Kulon Progo, ini adalah bentuk kasih sayang , bentuk sumbangsih dari Kulon Progo.

Dijelaskan, Kulon Progo ada 21 (dua puluh satu) puskesmas, dan 15 diantaranya sudah mendapatkan akreditasi dan 1 (satu) puskesmas sudah mendapat akreditasi utama. Rencana, tahun ini 6 (enam) puskesmas akan diajukan untuk mendapatkan akreditasi.

Budi Antono menyampaikan kepada Bupati Malaka agar jangan khawatir terkait pendampingan kedepan, karena 10 hari kedepan yang mewacanakan ini, bupati terdahulu akan dilantik. Sehingga kerjasama yang disiapkan ini tidak akan stagnan, bahkan akan meningkat.

Bupati Malaka Stefanus Bria Seran Pemerintah Kabupaten Malaka meminta Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk membantu, dalam pendampingan bidang kesehatan, untuk percepatan peningkatan kualitas pelayanan, maka perlu belajar ke Kulon Progo.

"Dengan penuh antusias dan demi kepentingan masyarakat memajukan permohonan para sahabat kami yang bergerak dibidang kesehatan di Kulon Progo untuk membantu Malaka" kata Stafanus Bria Seran.

Dengan MoU ini sebagai bukti administrasi telah kerjasama, meski sebelum penandatanganan sudah dilakukan. Stefanus menilai yang dilakukan luar biasa meskipun, belum dilakukan penandatanganan Kulon Progo sudah mau membantu.

Stefatus juga menyinggung, pada jaman dahulu daerah yang memiliki SDA
melimpah yang maju, kemudian bergeser, barang siapa memiliki SDM hebat akan maju. Sekarang berubah lagi, yaitu daerah yang memiliki platform.
"Barangsiapa memiliki platform yang kuat dialah yang akan maju. Salah satu platform itu dan jejaring yang kuat dan kerjasama, menggunakan teknologi yang cepat dan akurat." Kata Stefanus.


Prof. Laksono Trisnantoro dari UGM menyampaikan UGM bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten NTT untuk meningkatkan SDM Kesehatan, karena tahu persis SDM NTT di bidang kesehatan masih sangat kurang. Kondisi di Malaka masih terbatas. UGM bekerjasama dengan NTT membantu, mensuport sistem kesehatan.

Prof. Laksono menyampaikan Puskesmas dan Dinkes Malaka dinilai beruntung sekali didampingi Kulon Progo, karena tidak mudah mencari tenaga pendamping yang disebut Sister Puskesmas dan Sister Dinas.

"Modal sangat baik, karena pendamping adalah yang sudah pengalaman untuk mengelola. Kami di UGM berfungsi untuk memegang konsep, monitoring, evaluasi, agar tidak menyeleweng dari yang ditentukan bersama" kata Prof.Laksono.
(at@humaskp)

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Kemerdekaan Tidak Hanya Terbebas dari Penjajahan Fisik

Upacara Pemberian Remisi

Pemkab Akan Optimalkan Sistem Aduan Lapor!

Setiap Kamis Pahing ASN Kulon Progo Pakaian Jawa

Lomba Karnaval Kabupaten Berhadiah 16 Juta



.:: Berita Subdomain ::::::::.

LAUNCHING DIGITALISASI KEARSIPAN

PP No. 11 tahun 2017: Mekanisme Pengisian dan Pemberhentian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT)

SEKALI MERDEKA BUKAN BERARTI MERDEKA SEKALI

Kemeriahan Pawai dan Karnaval di Galur

Upacara Peringatan HUT RI

Rangkaian Peringatan HUT RI

JADUAL POLIKLINIK SORE DI RSUD WATES

Lomba tumpeng dalam rangka peringatan HUT ke 72 RI

Peringatan HUT RI di Kecamatan Kokap dimeriahkan dengan Pentas Seni Jatilan

Upacara Bendera dan Detik detik Proklamasi di Kecamatan Kokap

Tim Kelurahan Pantau Tirakatan Sekaligus Serahkan Hadiah

UPACARA HARI KEMERDEKAAN RI KE 72 DI RSUD WATES

SOSIALISASI DAN MONITORING PP/PERATURAN PERUSAHAAN DI RSU RIZKI AMELIA MEDIKA

SOSIALISASI DAN MONITORING PP/PERATURAN PERUSAHAAN DI MEGA INOVASI ORGANIC

UPACARA BENDERA DAN DETIK-DETIK PROKLAMASI

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 10 Agustus 2017

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 14 Agustus 2017

Anugerah Iptek Kreanova Menoreh ke-4 Tahun 2017

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Aturan Penggunaan Pakaian Dinas ASN di Lingkungan Dindikpora KP

Jadwal Penggunaan Pakaian Tradisional Jawa Yogyakarta

DIRGAHAYU RI KE 72

Himbauan Kewaspadaan terhadap Oknum yang Mengatasnamakan Tim Saber Pungli

LOWONGAN KERJA MARKETING BPR SHINTA PUTRA PENGASIH

Sosialisasi Kampung KB



.:: Artikel ::::::::.

Pentingnya Membudayakan Kuhias Kenanganku

29 Juni Hari Keluarga Nasional

Kulon Progo Makin Melimpahkan Kewenangan Ke Camat

Fenomena Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi

Perlunya Grand Design Pembangunan Kependudukan Dalam Konteks Pembangunan Daerah