Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Safari Subuh di Masjid Al Mubarok Kragon I Palihan


Kemerdekaan Tidak Hanya Terbebas dari Penjajahan Fisik

Upacara Pemberian Remisi

Pemkab Akan Optimalkan Sistem Aduan Lapor!

Setiap Kamis Pahing ASN Kulon Progo Pakaian Jawa

Lomba Karnaval Kabupaten Berhadiah 16 Juta

Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Kulon Progo Tahun 2017

 

Saat Safari Subuh di Masjid Al Mubarok Kragon I Palihan Temon yang berasal dari tanah wakaf Alm. Wiryo Pawiro, Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Temon karena dinilai luar biasa, karena banyak warga yang ikhlas dan berlapang hati membantu untuk untuk kepentingan umum.

Bahkan tanah di depan Masjid Al Mubarok saat ini juga diwakafkan oleh putra dari Alm. Wiryo Pawiro, untuk digunakan sebagai tempat parkir dan kegiatan keagamaan masyarakat.

"Ini menunjukkan keikhlasan tinggi sekali, karena harga tanah saat ini mahal. Ini luar biasa" kata dokter Hasto.

Dinilai luar biasa karena meskipun harga tanah di Temon saat ini tinggi, tetap mau mewakafkan tanahnya untuk kepentingan umum. Dokter Hasto juga menceritakan beberapa waktu yang lalu drh. Ratih warga terdampak bandara juga menyumbangkan dua buah mobil ambulan inova yang digunakan untuk jenazah dan orang sakit.

Kesra Desa Palihan Temon Muslihudin menyampaikan Masjid Al Mubarok dahulu merupakan wakaf dari Alm. Wiryo Pawiro untuk mushola dan saat ini dijadikan masjid Al Mubarok, dan sekarang Putra Almarhum Wiryo Pawiro mewakafkan tanah pekarangan di depan masjid untuk parkir dan kegiatan keagamaan.

Dalam safari subuh yang dilaksanakan Sabtu (17/6/2017) ini hadir juga Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, dan beberapa peserta dari OPD dan masyarakat sekitar. Seusai Sholat subuh berjamaah dengan masyarakat, Bupati mengisi ceramah dan menyerahkan beberapa bantuan. Bantuan untuk pembangunan Masjid Al Mubarok dari Baznas Kulon Progo sebesar Rp. 2,5 juta, dari Forum CSR Kabupaten Kulon Progo Rp. 1 juta, dari Bank Pasar Kulon Progo Rp. 1 juta.

Bupati juga menyerahkan bantuan dari Baznas Kulon Progo untuk 20 orang kaum Dhuafa sekitar Masjid yang masing-masing Rp. 100 ribu.

Saat memberikan sambutan Dokter Hasto menyampaikan, menjelang Idul Fitri bersama Pemkab Kulon Progo dan jajaran kepolisian, warga Temon diajak ikut menjaga keamanan dan ketertiban. Temon lebih serius karena selain sebagai pintu gerbang Kulon Progo angka kecelakaan lalu lintasnya termasuk tinggi.

Dokter Hasto mengapresiasi jajaran kepolisian Kulon Progo yang mempelopori adanya tambal ban dan bengkel yang mobile melayani H-7 sampai H+7 lebaran. 

"Mohon dukungan masyarakat agar suasana ayem tentrem" kata Dokter Hasto. Mendekati Idul Fitri kepada masyarakat juga diminta agar tidak boros meski mendapat ganti uang dari pembangunan bandara, tetapi sebaiknya digunakan untuk membeli barang untuk kegiatan yang produktif, seperti untuk membeli truk untuk mengangkut pasir, atau mobil untuk rental, pickup untuk mengangkut pupuk, atau ambulan untuk mengangkut orang sakit. Membeli makanan juga jangan boros-boros, dan berhati-hati terhadap makanan yang warnanya mencolok, karena bisa jadi tidak memakai pewarna makanan.

Dokter Hasto mengajak masyarakat Temon bersyukur karena warga Temon mendapat ganti uang yang lumayan banyak dari pembangunan bandara tidak seperti yang dialami beliau saat pembangunan waduk yang harga tanahnya sangat murah sekali.

Kepada para Jamaah, Dokter Hasto juga menyampaikan, bulan puasa merupakan bulan pendadaran dan pendidikan jiwa dan fisik, karena perut tidak kosong jika tidak berpuasa. Makanan hilang dari lambung antara 6-8 jam. Dan saat puasa Lambung beristirahat dan terjadi pergantian sel. 

Dokter Hasto juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran kepolisian, Pemda bersama jajaran kepolisian akan MoU mencanangkan Kulon Progo bebas dari miras, alkohol dan oplosan. Dan di Kulon Progo yang paling rawan minuman keras adalah di Temon. Dan warga diminta selalu berhati-hati mendidik anak seiring kehidupan masyarakat yang terus berubah.

Salah seorang jamaah sholat subuh, Kelik Martono saat ditanya tanggapan terkait harapannya menyampaikan, berdoa dan berharap dalam 100 hari program kerja Bupati, yang terkait dengan bandara ini terselesaikan, termasuk pembayaran, konsinyasi, aset, penghitungan aset ulang, baik di atas tanah hak milik maupun magersari dan juga tentang relokasi magersari, dan warga kurang mampu.

"Sehingga diharapkan program kerja 100 hari kerja ini bisa sukses semua" Kelik Martono.

(at@humaskp)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Kemerdekaan Tidak Hanya Terbebas dari Penjajahan Fisik

Upacara Pemberian Remisi

Pemkab Akan Optimalkan Sistem Aduan Lapor!

Setiap Kamis Pahing ASN Kulon Progo Pakaian Jawa

Lomba Karnaval Kabupaten Berhadiah 16 Juta



.:: Berita Subdomain ::::::::.

LAUNCHING DIGITALISASI KEARSIPAN

PP No. 11 tahun 2017: Mekanisme Pengisian dan Pemberhentian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT)

SEKALI MERDEKA BUKAN BERARTI MERDEKA SEKALI

Kemeriahan Pawai dan Karnaval di Galur

Upacara Peringatan HUT RI

Rangkaian Peringatan HUT RI

JADUAL POLIKLINIK SORE DI RSUD WATES

Lomba tumpeng dalam rangka peringatan HUT ke 72 RI

Peringatan HUT RI di Kecamatan Kokap dimeriahkan dengan Pentas Seni Jatilan

Upacara Bendera dan Detik detik Proklamasi di Kecamatan Kokap

Tim Kelurahan Pantau Tirakatan Sekaligus Serahkan Hadiah

UPACARA HARI KEMERDEKAAN RI KE 72 DI RSUD WATES

SOSIALISASI DAN MONITORING PP/PERATURAN PERUSAHAAN DI RSU RIZKI AMELIA MEDIKA

SOSIALISASI DAN MONITORING PP/PERATURAN PERUSAHAAN DI MEGA INOVASI ORGANIC

UPACARA BENDERA DAN DETIK-DETIK PROKLAMASI

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 10 Agustus 2017

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 14 Agustus 2017

Anugerah Iptek Kreanova Menoreh ke-4 Tahun 2017

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Aturan Penggunaan Pakaian Dinas ASN di Lingkungan Dindikpora KP

Jadwal Penggunaan Pakaian Tradisional Jawa Yogyakarta

DIRGAHAYU RI KE 72

Himbauan Kewaspadaan terhadap Oknum yang Mengatasnamakan Tim Saber Pungli

LOWONGAN KERJA MARKETING BPR SHINTA PUTRA PENGASIH

Sosialisasi Kampung KB



.:: Artikel ::::::::.

Pentingnya Membudayakan Kuhias Kenanganku

29 Juni Hari Keluarga Nasional

Kulon Progo Makin Melimpahkan Kewenangan Ke Camat

Fenomena Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi

Perlunya Grand Design Pembangunan Kependudukan Dalam Konteks Pembangunan Daerah