Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Bedah Rumah Kembali Dilaksanakan


Tim Bedah Rumah Kulon Progo Kunjungi Gunung Kelir

Peringatan Hari Kartini dan Otonomi Daerah

Puncak Acara Gerakan TBBS dan Peringatan Hari Bumi

Tim BBGRM Kunjungi Kerajinan Batik

BBGRM di Kalibawang

Wisata Goa Batu Jonggol Salah Satu Yang Diresmikan Saat BBGRM dan Hkg PKK

 

KOKAP, Setelah beberapa lama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo tidak melaksanakan kegiatan Bedah Rumah termasuk dalam Bulan Ramadhan 1438 H, kini Program kepedulian terhadap kaum kurang mampu ini kembali dilaksanakan.

Hari Minggu tangal 16 Juli 2017, merupakan hari perdana Bedah Rumah yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Hasto Wardoyo dan Sutedjo untuk masa Jabatan Tahun 2017-2022, bersama unsur OPD pendamping, Baznas dan Forum CSR.

Sebelumnya program Bedah Rumah yang dipelopori dokter Hasto telah mampu membangun sebanyak 3.000 lebih rumah warga kurang mampu di kabupaten Kulon Progo. dengan sumber dana dari Baznas Kabupaten Kulon Progo, Foru CSR, Perumda Kulon Progo, dan pihak-pihak donatur lainnya.

Pedukuhan Klepu, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap merupakan lokasi yang dipilih, tepatnya di rumah Parto Kismo dan di rumah Hadi Wahyono mendapat bantuan Jambanisasi.

Menurut Kepala Dukuh Klepu, Haryono, Rumah Parto Kismo beberapa waktu lalu roboh, sehingga perlu dilakukan pembenahan kembali dengan program Bedah Rumah yang dimotori oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Rumah Parto Kismo yang terletak di Pedukuhan Klepu RT 68/ RW 26, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap ini mendapat bantuan program Bedah Rumah sebanyak Rp 10.000.000,- (*Sepuluh Juta Rupiah*) dari Baznas Kabupaten Kulon Progo, dan sebelumnya sudah mendapat bantuan dari swadaya masyarakat sebesar Rp 15.000.000,- (*Lima Belas Juta Rupiah*).

Sedangkan Rumah Bapak Hadi Wahyono merupakan salah satu warga yang di Desa yang sama mendapat bantuan Jambanisasi dari BAZNAS Kulon Progo dan Forum CSR.

Bantuan Jambanisasi dari BAZNAS Kabupaten Kulon Progo dan Forum CSR untuk 15 Unit Jamban senilai Rp 15.000.000,- (*Lima Belas Juta Rupiah*).

Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) pada kesempatan ini, mengatakan, Program Bedah Rumah merupakan wujud kepedulian terhadap warga kurang mampu yang harus dijalankan, karena program ini juga merupakan pengamalan Pancasila dan jika dirangkum merupakan bentuk Gotong Royong yang menjadi budaya bagi masyarakat di Indonesia.

Dalam Kegiatan Bedah Rumah ini juga dihadiri Mahasiswa KKN dari UGM.

"Warga Masyarakat bersama pihak-pihak terkait, dan Mahasiswa KKN UGM harus memaksimalkan program kepedulian terhadap masyarakat ini, karena programkepedulian terhadap warga kurang mampu dengan membantu secara bersama-sama merupakan wujud dari pengamalan Pancasila yang jika diringkas merupakan bentuk Gotong Royong yang sudah menjadi budaya bagi bangsa Indonesia." Jelas dokter Hasto.

Disela-sela kegiatan Bedah Rumah ini, Bupati Kulon Progo menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) bagi 11 orang anggota LINMAS yang dimotori oleh Satpol PP.

Menurut dokter Hasto, pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) LINMAS ini merupakan salah satu unsur dari Program 100 Hari Kerja Satpol PP Kabupaten Kulon Progo, dan sesuai dengan target yang diharapkan Kabupaten Kulon Progo dapat memiliki 4000 anggota Linmas.

Lebih lanjut dokter Hasto menjelaskan, bahwa bagi anggota Linmas yang sudah memiliki KTA sesuai dengan rencana akan diberi fasilitas gratis apabila memasuki objek Wisata di Kabupaten Kulon Progo. Kebijakan ini baru akan diproses oleh Satpol PP Kabupaten Kulon Progo, yang secara resmi akan dibuatkan Nota Dinas terlebih dahulu tentang hal terkait. (HUMAS-KP)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Tim Bedah Rumah Kulon Progo Kunjungi Gunung Kelir

Peringatan Hari Kartini dan Otonomi Daerah

Puncak Acara Gerakan TBBS dan Peringatan Hari Bumi

Tim BBGRM Kunjungi Kerajinan Batik

BBGRM di Kalibawang



.:: Berita Subdomain ::::::::.

Pendidikan Kependudukan Perlu Diberikan Sejak SD

Upacara Peringatan Hari Kartini

Peringatan Hari Kartini dan Hari Otonomi Daerah Tahun 2018

Mahasiswa Fisipol UGM belajar tentang Kebijakan “Bela-beli Kulon Progo”

KEJUARAAN RENANG INDAH TINGKAT INTERNASIONAL

Seleksi PT Dagsap Endura Eatore di SMK Negeri 2 Pengasih

Lowongan Kerja Sebuah Perusahaan Besar di Batam - Laki-laki

SMA N 2 Wates Juara Provinsi Cerdas Cermat Keterbukaan Informasi

LKJIP Dinas Kominfo

RENSTRA Dinas Kominfo

IKU SKP Dinas Kominfo

Perjanjian Kinerja tahun 2018 Dinas Kominfo

Pengumuman Pemenang Lomba Guru dan Kasek Berprestasi 2018

Perubahan Perjanjian Kinerja tahun 2017 Dinas Kominfo

Rencana Aksi Kominfo

RKT tahun 2017

SMA N 2 WATES JUARA PERTAMA LOMBA KETERBUKAAN INFORMASI

SEMINAR "KARTINI TANGGUH JAMAN NOW"

DIBUKA SELEKSI JPT KEPALA DPU

KUNJUNGAN KERJA DPMPT KAB GUNUNG KIDUL KE DPMPT KAB. KULON PROGO

Puncak Acara Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) dan Hari Bumi

Puncak Acara Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) dan Hari Bumi

Lowongan Kerja OPTIK YANINDO WATES

Seleksi CV Karya Hidup Sentosa di SMK Negeri 2 Pengasih

Lowongan Kerja MUNCUL GROUP



.:: Artikel ::::::::.

Mewujudkan Masyarakat Berwawasan Kependudukan Melalui Pendidikan Kependudukan

Gerakan Berbasis Hati

Tantangan Pengendalian Penduduk Kulon Progo Tahun 2018

Tantangan Advokasi Kie Program KKBPK Tahun 2018

Kampung KB Wahana Pemberdayaan Masyarakat