Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Kulon Progo Berduka, 2 (dua) orang Diduga Tertimbun Longsor


Pelatihan dan Pemagangan di BLK Meningkat

Job Fair Kulon Progo 2018 Dibuka

Bimtek Kulon Progo SMART City

Wakil Bupati Halal Bi Halal Ke Pondok Pesantren

Syawalan Gubernur DIY di Kulon Progo

Dibangun Dalam Waktu 2 Bulan, Masjid Tiban Abdul Jalil Diresmikan

 

Hujan yang terjadi terus menerus dalam beberapa hari mengakibatkan beberapa bencana di Kulon Progo. Baik bencana banjir di Kulon Progo kawasan selatan maupun longsor di kawasan utara.

Rabu (29/11/2017), Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), Kapolres, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo Ir.RM.Astungkoro,MHum beserta OPD terkait langsung meninjau lokasi longsor yang ada di Pedukuhan Ngroto Pendoworejo Girimulyo.

Di lokasi longsor yang menimbun 2 (dua) rumah ini diduga masih ada 2 (dua) korban Daladi dan Heri Siswadi yang masih tertimbun di dalam material longsoran. Bupati pun langsung meninjau dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam penanganan bencana ini, baik proses pencarian korban yang tertimbun maupun pembersihan timbunan yang menutup jalan.

Dalam kunjungan ini Bupati bersama Forum CSR, Pimpinan Bank BPD DIY, Ketua Baznas Kulon Progo, dan beberapa donatur memberikan bantuan awal yang diharapkan dapat digunakan untuk penanganan bencana dan untuk akomodasi para relawan yang ikut bergotong royong.

Bupati juga melakukan peninjauan korban longsoran yang berhasil diselamatkan dan saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit di Klepu, yaitu Sarpinah dan Nur Hidayah, dan memberikan bantuan pengobatan.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sigap membantu korban.

"Hari ini kita tentu berduka karena di Kulon Progo ada beberapa titik longsor dan ada yang tenggelam karena banjir maka ini yang ada di belakang saya adalah salah satu titik yang menjadi musibah yaitu tanah longsor dan ada 2 (dua) warga yang tertimbun. Kita didampingi Pak Kapolres dan anggotanya sudah luar biasa berusaha semaksimal mungkin anggota dari teman-teman Polri, TNI, Tagana, Baznas dan juga dari SAR, bersama-sama untuk mempercepat bisa ditemukannya korban oleh karena itu karena ini ada dua hal yang menjadi titik fokus yaitu yang pertama membuka jalan dan kemudian yang kedua adalah menemukan korban, maka saya putuskan untuk yang pertama adalah mencari korban dulu. Setelah korban ini ditemukan baru nanti kita melanjutkan membuka jalan, karena kalau dibuka jalan dulu tanahnya bisa menguruk daerah yang untuk korban. Jalan sudah yang kita tentukan, orang Purwosari keluarnya lewat Degan, Banjararum kemudian orang Jatimulyo keluarnya lewat Giripurwo, Girimulyo. Saya kira sudah kita putuskan begitu dan teman-teman ini sudah bersiap bersama-sama membantu untuk kerja disini *full* tidak boleh ada kekurangan logistik. Ini juga saya minta alat berat satunya lagi datang kemudian bisa menjangkau lokasi" kata Bupati Kulon Progo.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Kulon Progo yang sudah mengerahkan semua tenaganya dan sebentar lagi Pak Kapolres juga mendatangkan anjing pelacak dari Polda untuk mempercepat ditemukannya korban.

Ditanya terkait kendala yang ada, Bupati menyampaikan terkait menemukan korban yang tidak mudah karena korban posisinya ada di lereng, jika dibongkar untuk mencari korban, tanah yang di atasnya bisa turun.

"Ini yang serius adalah itu, harus pakai perasaan dan untuk tidak sampai membuat tanah di atasnya turun" kata Bupati Kulon Progo.

Terkait status bencana di Kulon Progo Bupati bersama Sekda, BPBD dan segera bertemu siang ini untuk memutuskan status kegawatan bencana di Kulon Progo. 

KAPOLRES Kulon Progo AKBP Irfan Rifai,SH,SIK menyampaikan untuk kegiatan permintaan bantuan, sudah mulai dari kemarin sore, kita meminta bantuan dari Komandan Kodim Kulon Progo, dari Sat Radar Congot, dan dari Sat Brimob. Dalam evakuasi terkait dengan banjir di Panjatan maupun dengan TKP longsor ini juga dibantu rekan-rekan dan relawan dari Tagana, SAR, dan BPBD Kulon Progo. Seperti kita lihat di belakang kita ini, alat ini didukung dari BPBD dan dari Basarnas.

"Tadi setelah kita diskusi dengan Pak Bupati, sudah kita putuskan ada 2 CB, yang pertama adalah membuka jalan atau menemukan korban dulu, terus kita putuskan untuk menemukan korban dulu sehingga tadi langsung saya kontak Polda untuk anjing pelacak, karena memang untuk anjing pelacak ini adanya di Polda, tadi di bawah komando Dit Sabhara, saya sudah telfon dan sesegera mungkin didorong ke TKP." Kata Kapolres Kulon Progo.

(at@humaskp)

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Pelatihan dan Pemagangan di BLK Meningkat

Job Fair Kulon Progo 2018 Dibuka

Bimtek Kulon Progo SMART City

Wakil Bupati Halal Bi Halal Ke Pondok Pesantren

Syawalan Gubernur DIY di Kulon Progo



.:: Berita Subdomain ::::::::.

PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON PESERTA PELATIHAN KEBANDARUDARAAN AIRLINES STAFF dan GROUND STAFF 2018

SAFARI JUM'AT DI MASJID NUR HIDAYAH NANGGULAN

SAFARI JUM'AT DI MASJID NUR HIDAYAH NANGGULAN

Geopark Indonesia Mendunia

Transformasi Koperasi Indonesia

Kabupaten Kulon Progo Melepas 333 Calon Haji 2018

Asyiknya Nobar Piala Dunia di Perpusda

Workshop Implementasi District Health Information System Software (DHIS2)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo Pererat Kerjasama Kemitraan dengan BPBI Abiyoso

Menyongsong API: Dinas Pariwisata Kulon Progo gelar Jumpa Pers

10 Motif Batik Paling Populer di Indonesia

Pak Ndut (Drs. Mardiya) Suarakan Program Pembangunan Lewat Lagu

Peserta Lolos Seleksi Administrasi Pengadaan Tenaga Bantu Pendidikan Non PNS Gelombang II

ATM, Jurus Jitu Memulai Usaha

Pembinaan Linmas Desa Karangsari Persiapan Pengamanan Pemilu 2019

Pembuatan Sumur Bor oleh Tagana Kab. Kulon Progo

Harganas Kulon Progo Dipusatkan di Sentolo

NASA NANGGULAN PENUH HARU DAN PENGHARAPAN..

Pertemuan Forum Masyarakat Kearsipan di Gunung Kidul

Surat Edaran Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun 2018

Lowongan Kerja GURU AGAMA ISLAM - SD MUHAMMADIYAH BEDOYO

HATI-HATI PENIPUAN PENERIMAAN PNS 2018

Acara Tahunan Jogja OPEN Artistic Swimming Resmi Dibuka

Diskominfo Kulon Progo Tuntas Selenggarakan Forum Data

Gaungkan Semarak Asian Games



.:: Artikel ::::::::.

Devinfo dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Program KKbpk

Mengenal Sekolah Siaga Kependudukan

Mewujudkan Masyarakat Berwawasan Kependudukan Melalui Pendidikan Kependudukan

Gerakan Berbasis Hati

Tantangan Pengendalian Penduduk Kulon Progo Tahun 2018