Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Bupati Kulon Progo Tetapkan Status Tanggap Darurat


Setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) tetapkan Status Tanggap Darurat Penanganan Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Cuaca Ekstrim di Kabupaten Kulon Progo mulai tanggal 30 November s/d tanggal 13 Desember 2017, yang dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Kulon Progo No.382/A/2017 tanggal 30 November 2017.

Penepatan ini dilatarbelakangi bahwa di wilayah Kabupaten Kulon Progo memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi dan cuaca ekstrim sehingga dimungkinkan memicu terjadinya bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang, maka perlu antisipasi yang cepat dan tepat sesuai prosedur yang berlaku untuk mengatasi dampak buruk yang ditimbulkan.

Sebelumnya, pada tanggal 29 November 2017, Bupati juga mendapat Surat Nota Dinas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo perihal Laporan dan Penanganan Kejadian Bencana Banjir, Tanah Longsor, dan Cuaca Ekstrim dan surat dari beberapa camat terkait Laporan Bencana Tanah Longsor, Laporan Akibat Cuaca Ekstrim, dan Laporan Kejadian Bencana.

Dengan SK ini, Bupati memutuskan, *Kesatu*, Menetapkan Status Tanggap Darurat Penanganan Bencana Banjir, Tanah Longsor, dan Cuaca Ekstrim di Kabupaten Kulon Progo dengan jangka waktu berlaku dan dilaksanakan mulai tanggal 30 November 2017 s/d 13 Desember 2017. *Kedua*, Status Tanggap Darurat sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu dapat diperpanjang sesuai kondisi penanganan bencana dan potensi perubahan cuaca. *Ketiga*,menugaskan kepada Kepala Pelaksana Bandan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kulon Progo untuk mengambil langkah dan tindakan yang perlu dalam rangka penanganan penanggulangan bencana. *Keempat*, Keputusan Bupati ini berlaku pada tanggal ditetapkan.

Terkait bencana yang terjadi di Kulon Progo akhir-akhir ini, Kepala Pelaksana BPBD Ir.Gusdi Hartoni,MT menyampaikan BPBD Kabupaten Kulon Progo saat ini dengan Kepala BPBD *ex-officio* Sekretaris Daerah Ir.RM.Astungkoro,MHum sudah melakukan beberapa langkah. Beberapa hal baik yang sudah dilakukan maupun yang akan dilakukan.

Kepada warga yang rumahnya terkena bencana banjir, BPBD memberikan pengungsian yang layak, mulai pangan, sandang, papan. Untuk di wilayah yang terkena bencana longsor, yang sudah dilakukan antara lain melakukan evakuasi warga yang rawan longsor maupun mengevakuasi warga yang tertimbun longsor.

"Kami juga memberikan nasehat dan pengertian kepada warga bahwa ini adalah bencana, warga dimohon untuk bersabar" kata Ir.Gusdi Hartono,MT, Jumat (1/12/2017).

Sedangkan yang akan dilakukan, BPBD akan mengawal proses pengungsian dengan baik, artinya sampai warga kembali pulang kerumah dengan baik. Kemudian membenahi infrastuktur yang rusak dengan darurat seperti yang jika ada yang rusak/ ambrol, dengan pekerjaan darurat.

"Sebelah utara, pengerjaan pembenahan darurat antara lain membersihkan puing, membuka akses yang tertutup, agar masyarakat bisa pulih kembali beraktifitas" tambah Gusti Hartono.

Di Kulon Progo sementara ini ada 66 (enam puluh enam) titik bencana, ini merupakan data awal, dan terus berproses, proses deteksi sekaligus proses pembenahan berjalan terus. (at@humaskp)

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Pelatihan dan Pemagangan di BLK Meningkat

Job Fair Kulon Progo 2018 Dibuka

Bimtek Kulon Progo SMART City

Wakil Bupati Halal Bi Halal Ke Pondok Pesantren

Syawalan Gubernur DIY di Kulon Progo



.:: Berita Subdomain ::::::::.

PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON PESERTA PELATIHAN KEBANDARUDARAAN AIRLINES STAFF dan GROUND STAFF 2018

SAFARI JUM'AT DI MASJID NUR HIDAYAH NANGGULAN

SAFARI JUM'AT DI MASJID NUR HIDAYAH NANGGULAN

Geopark Indonesia Mendunia

Transformasi Koperasi Indonesia

Kabupaten Kulon Progo Melepas 333 Calon Haji 2018

Asyiknya Nobar Piala Dunia di Perpusda

Workshop Implementasi District Health Information System Software (DHIS2)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo Pererat Kerjasama Kemitraan dengan BPBI Abiyoso

Menyongsong API: Dinas Pariwisata Kulon Progo gelar Jumpa Pers

10 Motif Batik Paling Populer di Indonesia

Pak Ndut (Drs. Mardiya) Suarakan Program Pembangunan Lewat Lagu

Peserta Lolos Seleksi Administrasi Pengadaan Tenaga Bantu Pendidikan Non PNS Gelombang II

ATM, Jurus Jitu Memulai Usaha

Pembinaan Linmas Desa Karangsari Persiapan Pengamanan Pemilu 2019

Pembuatan Sumur Bor oleh Tagana Kab. Kulon Progo

Harganas Kulon Progo Dipusatkan di Sentolo

NASA NANGGULAN PENUH HARU DAN PENGHARAPAN..

Pertemuan Forum Masyarakat Kearsipan di Gunung Kidul

Surat Edaran Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun 2018

Lowongan Kerja GURU AGAMA ISLAM - SD MUHAMMADIYAH BEDOYO

HATI-HATI PENIPUAN PENERIMAAN PNS 2018

Acara Tahunan Jogja OPEN Artistic Swimming Resmi Dibuka

Diskominfo Kulon Progo Tuntas Selenggarakan Forum Data

Gaungkan Semarak Asian Games



.:: Artikel ::::::::.

Devinfo dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Program KKbpk

Mengenal Sekolah Siaga Kependudukan

Mewujudkan Masyarakat Berwawasan Kependudukan Melalui Pendidikan Kependudukan

Gerakan Berbasis Hati

Tantangan Pengendalian Penduduk Kulon Progo Tahun 2018