Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Bupati Kulon Progo Tetapkan Status Tanggap Darurat


Setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) tetapkan Status Tanggap Darurat Penanganan Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Cuaca Ekstrim di Kabupaten Kulon Progo mulai tanggal 30 November s/d tanggal 13 Desember 2017, yang dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Kulon Progo No.382/A/2017 tanggal 30 November 2017.

Penepatan ini dilatarbelakangi bahwa di wilayah Kabupaten Kulon Progo memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi dan cuaca ekstrim sehingga dimungkinkan memicu terjadinya bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang, maka perlu antisipasi yang cepat dan tepat sesuai prosedur yang berlaku untuk mengatasi dampak buruk yang ditimbulkan.

Sebelumnya, pada tanggal 29 November 2017, Bupati juga mendapat Surat Nota Dinas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo perihal Laporan dan Penanganan Kejadian Bencana Banjir, Tanah Longsor, dan Cuaca Ekstrim dan surat dari beberapa camat terkait Laporan Bencana Tanah Longsor, Laporan Akibat Cuaca Ekstrim, dan Laporan Kejadian Bencana.

Dengan SK ini, Bupati memutuskan, *Kesatu*, Menetapkan Status Tanggap Darurat Penanganan Bencana Banjir, Tanah Longsor, dan Cuaca Ekstrim di Kabupaten Kulon Progo dengan jangka waktu berlaku dan dilaksanakan mulai tanggal 30 November 2017 s/d 13 Desember 2017. *Kedua*, Status Tanggap Darurat sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu dapat diperpanjang sesuai kondisi penanganan bencana dan potensi perubahan cuaca. *Ketiga*,menugaskan kepada Kepala Pelaksana Bandan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kulon Progo untuk mengambil langkah dan tindakan yang perlu dalam rangka penanganan penanggulangan bencana. *Keempat*, Keputusan Bupati ini berlaku pada tanggal ditetapkan.

Terkait bencana yang terjadi di Kulon Progo akhir-akhir ini, Kepala Pelaksana BPBD Ir.Gusdi Hartoni,MT menyampaikan BPBD Kabupaten Kulon Progo saat ini dengan Kepala BPBD *ex-officio* Sekretaris Daerah Ir.RM.Astungkoro,MHum sudah melakukan beberapa langkah. Beberapa hal baik yang sudah dilakukan maupun yang akan dilakukan.

Kepada warga yang rumahnya terkena bencana banjir, BPBD memberikan pengungsian yang layak, mulai pangan, sandang, papan. Untuk di wilayah yang terkena bencana longsor, yang sudah dilakukan antara lain melakukan evakuasi warga yang rawan longsor maupun mengevakuasi warga yang tertimbun longsor.

"Kami juga memberikan nasehat dan pengertian kepada warga bahwa ini adalah bencana, warga dimohon untuk bersabar" kata Ir.Gusdi Hartono,MT, Jumat (1/12/2017).

Sedangkan yang akan dilakukan, BPBD akan mengawal proses pengungsian dengan baik, artinya sampai warga kembali pulang kerumah dengan baik. Kemudian membenahi infrastuktur yang rusak dengan darurat seperti yang jika ada yang rusak/ ambrol, dengan pekerjaan darurat.

"Sebelah utara, pengerjaan pembenahan darurat antara lain membersihkan puing, membuka akses yang tertutup, agar masyarakat bisa pulih kembali beraktifitas" tambah Gusti Hartono.

Di Kulon Progo sementara ini ada 66 (enam puluh enam) titik bencana, ini merupakan data awal, dan terus berproses, proses deteksi sekaligus proses pembenahan berjalan terus. (at@humaskp)

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Penuhi Undangan Warga Riau

Kulon Progo Dianugerahi dana Rakca 2017 dan Entrepeneur Award 2017

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo Diundang Ke Riau

Implementasi Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Operasional Pemberdayaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa

Gubernur DIY Pantau Kondisi Banjir di Panjatan



.:: Berita Subdomain ::::::::.

PELAYANAN POLIKLINIK SPESIALIS JANTUNG SORE HARI

Lowongan Kerja PT.MATARAM TUNGGAL GARMENT

Sosialisasi dan Seleksi PT Philips Batam

Replikasi Tomira, Pemda Tasikmalaya Studi Banding ke Kulon Progo

PENDIDIKAN POLITIK UNTUK PEMILIH PEMULA

Launching KSWP Kulon Progo Mampu Memberi Contoh Kabupaten Lainnya Di DIY

PENGUMUMAN LOWONGAN THL 2018

DPMPT Kab. Kulon Progo Melakukan Pengawasan Perusahaan

Pengumuman Lowongan THL Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo

Pengumuman Permohonan Izin Lingkungan Penambangan Tanah Urug

Pengumuman Penerbitan Izin Lingkungan PT. Organik Alam Lestari

Lowongan Kerja PT. MICRO MADANI INSTITUDE (PNM MEKAAR)

Seminar Kebangsaan

Penganggaran Belanja Desa dalam Bidang Pendidikan melalui APB Desa

WASPADA BENCANA ALAM INTI RAKOR KECAMATAN KALIBAWANG BULAN DESEMBER

APEL KENDARAAN DINAS BKAD

SOSIALISASI KETENAGAKERJAAN DAN PERMENAKER RI NOMOR 39 TAHUN 2016

Lowongan Kerja PT. PHILIPS INDUSTRIES BATAM

Saresehan Inisiasi Desa Mitra dan Koordinasi Pengabdian Masyarakat UMY

Dinas Kesehatan Sosialisasikan GERMAS Penanggulangan Stunting

Lowongan Kerja PT.PUSTAKA INSAN MADANI YOGYAKARTA

Saya Berani Saya Sehat, Talkshow Peringatan Hari AIDS Sedunia

GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS)

DINAS PERDAGANGAN SELENGGARAKAN PENERAPAN GUGUS KEDALI MUTU (GKM)

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 7 Desember 2017



.:: Artikel ::::::::.

Kampung KB di Kulon Progo, Butuh Sinergitas Semua Pihak

Membangkitkan Semangat Hidup Lansia Melalui Perilaku Hidup Sehat

Tips Menjadikan IUD Kontrasepsi Pilihan

Monev PATEN Ke-4 di Kulon Progo

Menyemangati Masyarakat Lewat Lagu, Mungkinkah