Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Gubernur DIY Pantau Kondisi Banjir di Panjatan


Penuhi Undangan Warga Riau

Kulon Progo Dianugerahi dana Rakca 2017 dan Entrepeneur Award 2017

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo Diundang Ke Riau

Implementasi Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Operasional Pemberdayaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa

Gubernur DIY Pantau Kondisi Banjir di Panjatan

Bupati Kulon Progo Tetapkan Status Tanggap Darurat

 

Panjatan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengunjungi warga terdampak musibah banjir di Kecamatan Panjatan, Sabtu (2/12). Dalam kunjungan yang berlokasi di Posko Balai Desa Panjatan ini, Sri Sultan Hamengku Buwono X juga didampingi oleh Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.Og(K) berkesempatan bertemu dan berbincang dengan warga terdampak musibah banjir. Warga mengeluhkan masih terdapat beberapa titik genangan air sehingga mengharuskan mereka untuk sementara menetap di posko pengungsian.

Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.Og(K) dalam kesempatan ini memaparkan kondisi bencana yang terjadi di Kulon Progo dalam beberapa hari terakhir akibat dampak dari badai cempaka yang menyerang beberapa daerah di DIY khususnya di Kulon Progo. Adapun di Kulon Progo sendiri, titik Tanah longsor dan banjir terparah yang terjadi berlokasi di Kecamatan Girimulyo dan Kecamatan Panjatan. Banjir di Kecamatan Panjatan khususnya daerah terparah di Desa Panjatan, Cerme, Gotakan dan Krembangan telah menggenangi rumah warga sejak hari Selasa. Banjir ini sendiri diakibatkan meluapnya tanggul di Sungai Sen yang letaknya berada di sisi timur dari desa-desa yang terkena banjir. Akibatnya, warga harus diungsikan ke beberapa posko pengungsian yang telah disediakan oleh pemerintah beserta para relawan.

Menanggapi kondisi bencana akibat badai cempaka ini, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan bahwa akibat dari badai ini menyebabkan beberapa daerah di DIY mengalami musibah banjir dan tanah longsor, untuk itu Sri Sultan menyatakan bahwa status DIY sebagai status tanggap bencana. Pihaknya menghimbau kepada seluruh jajaran pemerintah kabupaten/kota untuk bisa mengeluarkan kebijakan penggunaan APBD atas status tanggap bencana ini. Sri Sultan juga menghimbau serta mengajak kepada seluruh warga masyarakat yang terdampak banjir untuk tidak cemas dengan status tanggap bencana ini.

Meninjau dari kondisi banjir yang terjadi, Sri Sultan juga menghimbau agar seluruh pihak terkait mampu mengecek dan meninjau aliran sungai yang ada.

"Kita survey terlebih dahulu, mungkin kekuatan air lebih kuat jadi nabrak. Jadi yang kita atur aliran air yang disana, bukan penguatan tanggul", pungkas Sri Sultan.

Pemerintah sendiri melalui status tanggap bencana ini menetapkan 2 minggu terhitung sejak tanggal 30 November hingga 13 Desember sebagai periode tanggap bencana. Untuk itu, pemerintah juga menghimbau kepada warga masyarakat untuk gotong royong mengatasi musibah ini dengan berupaya membersihkan lingkungan dari sisa-sisa banjir dan tanah longsor yang telah terjadi.

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan, apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo terkait status tanggap bencana sudah sesuai dengan apa yang diharapkan Ngarso Dalem, selama 14 hari status tanggap bencana, kemudian akan dievaluasi. "Saran yang disampaikan Ngarso Dalem begitu, apa yang sudah kita rencanakan juga begitu" kata dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).
(at@humaskp)

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Penuhi Undangan Warga Riau

Kulon Progo Dianugerahi dana Rakca 2017 dan Entrepeneur Award 2017

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo Diundang Ke Riau

Implementasi Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Operasional Pemberdayaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa

Gubernur DIY Pantau Kondisi Banjir di Panjatan



.:: Berita Subdomain ::::::::.

PELAYANAN POLIKLINIK SPESIALIS JANTUNG SORE HARI

Lowongan Kerja PT.MATARAM TUNGGAL GARMENT

Sosialisasi dan Seleksi PT Philips Batam

Replikasi Tomira, Pemda Tasikmalaya Studi Banding ke Kulon Progo

PENDIDIKAN POLITIK UNTUK PEMILIH PEMULA

Launching KSWP Kulon Progo Mampu Memberi Contoh Kabupaten Lainnya Di DIY

PENGUMUMAN LOWONGAN THL 2018

DPMPT Kab. Kulon Progo Melakukan Pengawasan Perusahaan

Pengumuman Lowongan THL Dinas Perhubungan Kabupaten Kulon Progo

Pengumuman Permohonan Izin Lingkungan Penambangan Tanah Urug

Pengumuman Penerbitan Izin Lingkungan PT. Organik Alam Lestari

Lowongan Kerja PT. MICRO MADANI INSTITUDE (PNM MEKAAR)

Seminar Kebangsaan

Penganggaran Belanja Desa dalam Bidang Pendidikan melalui APB Desa

WASPADA BENCANA ALAM INTI RAKOR KECAMATAN KALIBAWANG BULAN DESEMBER

APEL KENDARAAN DINAS BKAD

SOSIALISASI KETENAGAKERJAAN DAN PERMENAKER RI NOMOR 39 TAHUN 2016

Lowongan Kerja PT. PHILIPS INDUSTRIES BATAM

Saresehan Inisiasi Desa Mitra dan Koordinasi Pengabdian Masyarakat UMY

Dinas Kesehatan Sosialisasikan GERMAS Penanggulangan Stunting

Lowongan Kerja PT.PUSTAKA INSAN MADANI YOGYAKARTA

Saya Berani Saya Sehat, Talkshow Peringatan Hari AIDS Sedunia

GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS)

DINAS PERDAGANGAN SELENGGARAKAN PENERAPAN GUGUS KEDALI MUTU (GKM)

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 7 Desember 2017



.:: Artikel ::::::::.

Kampung KB di Kulon Progo, Butuh Sinergitas Semua Pihak

Membangkitkan Semangat Hidup Lansia Melalui Perilaku Hidup Sehat

Tips Menjadikan IUD Kontrasepsi Pilihan

Monev PATEN Ke-4 di Kulon Progo

Menyemangati Masyarakat Lewat Lagu, Mungkinkah