Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Bupati Resmikan 3 (tiga) Puskesmas


Safari Tarawih di Galur

Anggota DPRD Kota Banjar Tertarik Tata Kelola Kulon Progo

Safari Tarawih di Kalibawang

Peringati Harkitnas Diharap Tidak Mudah Terprovokasi

Bahas Hikmah Puasa, Pencegahan Terorisme dan oleh-oleh dari PBB

Pasar Ramadan di Alun-alun Wates

 

Acara peresmian Gedung Puskesmas Samigaluh II, Lendah I dan Panjatan I dipusatkan di Gedung Puskesmas Samigaluh II, Rabu (7/2) yang terletak di Dusun Gegerbajing, Pagerharjo,Samigaluh. Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng, dilanjutkan penandatanganan prasasti, pemotongan pita buntal dan peninjauan sarana prasarana di Puskesmas Samigaluh II oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

Saat meninjau Puskesmas Samigaluh II, Bupati juga berinteraksi dengan dokter, perawat dan Petugas berdialog terkait sarana prasarana, dan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Kepada pengunjung Bupati selain berinteraksi, juga memberikan semangat kepada para penderita DM untuk tetap semangat dan menjaga kesehatan.

Selesai meninjau Puskesmas yang berada di perbatasan Purworejo ini, Bupati menyampaikan, sudah sesuai dengan yang dilakukan Presiden RI untuk membangun dari pinggiran. Puskesmas saat ini juga sudah dilengkapi rawat inap, untuk persalinan.

"Harapannya pasien yang ada di pinggir ini kalau ke Wates atau Jogja memakan waktu apalagi untuk orang sakit bisa beresiko, sehingga diharapkan bisa dilayani di Puskesmas II ini." Kata Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).


Bupati juga berharap Puskesmas ini juga dapat melayani warga Purworejo yang lebih dekat ke Puskesmas Samigaluh II daripada ke Purworejo, diharapkan bisa berobat ke Puskesmas Samigaluh II. Harapannya hal ini bisa berjalan dengan baik, sehingga pasien bisa dirawat tidak harus dikirim ke tempat yang jauh.


Dokter ada 2 (dua), dokter umum dan dokter gigi, diharapkan bisa digilir untuk merawat pasien, karena dimungkinkan yang rawat inap belum banyak pasien, dan bisa saling kerjasama dengan Puskesmas Samigaluh I. Komitmen Ibu Salamah (Kepala Puskesmas) juga dinilai luar biasa karena siap menerima pasien rawat inap.


Sedangkan untuk penyakit didaerah perbatasan, saat ini yang masih perlu diantisipasi adalah malaria yang cukup serius, meskipun penyakitnya tidak banyak, tetapi bulan januari, periksa 1.000 (seribu) darah untuk melacak malaria, yang positif ada 2 (dua).

"Tapi hal itu tidak bisa diabaikan karena ada yang positif. Masih memungkinkan dari yang positif ini bisa menjadi sumber penularan. Maka yang dua positif ini kemudian minta dilacak disekitarnya. 5 (lima) KK disekitarnya untuk diperiksa, terus menerus sampai habis. Inilah pentingnya juru malaria desa dan adanya laboratorium. Jika tidak dibangun puskesmas seperti ini akan repot. Tetapi sekaran disini sekarang bisa cek kimia darah, gula darah, kreatin, SGOT, Fungsi ginjal, Fungsi hati, Fungsi darah disini bisa diperiksa." Jelas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan perjanjian kerjasama Dinas Kesehatan Kab Kulon Progo Dengan PD ‘Aisyiyah Daerah Kulon Progo tentang Percepatan Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) Kabupaten Kulon Progo yang ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo Bambang Haryatno dengan Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kab Kulon Progo Dyah Sulistyawati.

Kerjasama dalam hal percepatan penemuan penderita, pendampingan pengobatan, dan upaya pencegahan tuberculosis dan penyakit lain yang merupakan program TBC melalui pendekatan pada individu, keluarga dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Dengan tujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang TBC, meningkatkan cakupan penemuan penderita TBC, meningkatkan ketaatan minum obat penderita TBC dan meningkatkan penemuan TBC pada pencerita HIV dan DM.

Penandatanganan Perjanjian kerjasama juga dilakukan antara PD Aisyiyah Daerah Kulon Progo dengan Kepala Puskesmas Wates Eko Damayanti, antara PD Aisyiyah Daerah Kulon Progo dengan Kepala Puskesmas Nanggulan Anie Mursiastuti, antara PD Aisyiyah Daerah Kulon Progo dengan Salamah Sri Nurhayati, tentang Percepatan Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) Kabupaten Kulon Progo.
(at@humaskp)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Safari Tarawih di Galur

Anggota DPRD Kota Banjar Tertarik Tata Kelola Kulon Progo

Safari Tarawih di Kalibawang

Peringati Harkitnas Diharap Tidak Mudah Terprovokasi

Bahas Hikmah Puasa, Pencegahan Terorisme dan oleh-oleh dari PBB



.:: Berita Subdomain ::::::::.

Buka Puasa Bersama Kecamatan Pengasih Untuk Mempererat Silaturrahi

Momentum Kebangkitan Nasional untuk Asian Games 2018 di Indonesia

OPTIMALISASI TENAGA KERJA LOKAL PADA “NYIA”

OPD Bangkit Peduli Arsip

Himbauan Pengumuman Kelulusan Tingkat SMP/MTs

PELAKSANAAN SAFARI TARAWIH PERIODE 2 TINGKAT KECAMATAN KALIBAWANG

Destinasi Baru Desa Karangsari

Pengumuman: Usulan Calon Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2018

Lowongan Kerja PT MICRO MADANI INSTITUTE (PNM MEKAAR)

Lowongan Kerja PT Pegadaian (Persero)

Lowongan Kerja PT ANGGUN KREASI GARMEN

Lowongan Kerja PT CIPTA KARYA AGUNG ABADI

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018

Warga Menutup Akses Jalan Menuju Penambang Batu

Pengumuman Magang Fair 2018

Jadwal Pelayanan Kartu AK 1 pada saat Cuti Bersama Lebaran 2018

Penyelesaian Pemortalan Akses Jalan Tambang

Safari Tarweh Putaran Kedua Masjid Nur-Huda Kedungtangkil Desa Karangsari

Safari tarawih Kecamatan Nanggulan di Dusun Janti Lor 24 Mei 2018

NGAJI BARENG RO PAK CAMAT NANGGULAN

AL-AMIN PEMBUKA SAFARI TARAWIH 14 39 H TINGKAT KECAMATAN GIRIMULYO

Lowongan Kerja Rumah Sakit Islam Yogyakarta (RSIY PDHI)

Gairah Perpusdes

Pengumuman: Usulan Calon Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2018

Pengumuman: Usulan Calon Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2018



.:: Artikel ::::::::.

Mengenal Sekolah Siaga Kependudukan

Mewujudkan Masyarakat Berwawasan Kependudukan Melalui Pendidikan Kependudukan

Gerakan Berbasis Hati

Tantangan Pengendalian Penduduk Kulon Progo Tahun 2018

Tantangan Advokasi Kie Program KKBPK Tahun 2018