Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Wakil Bupati Sumenep Pimpin Diklatpim Iv Ke Kulon Progo


Open House Bupati dan Wakil Bupati

Bupati Forkopimda Pantau Pos Pam

Bupati Launching Belabeliku.com di Forum Bisnis

Libur Panjang Pelayanan Masyarakat Tetap Jalan

Jadwal Open House Lebaran Bupati Wabup Berbeda dari Tahun Sebelumnya

Bela Negara dengan Bela Beli Kulon Progo

 

Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi memimpin 40 (empat puluh) peserta Diklatpim IV ke Kulon Progo dengan beberapa pendamping. Rombongan diterima langsung oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, bertempat di Aula Adikarto Pemkab Kulon Progo, Selasa (14/3/2018).

Achmad Fauzi berharap dengan ke Kulon Progo ada hal-hal yang positif yang bisa eksplore, dikembangkan di Sumenep, dipraktekkan untuk menjadi sesuatu yang lebih baik. Achmad Fauzi menyampaikan sudah 3 (tiga) kali mendengar paparan dokter Hasto, dan sudah mencoba melaksanakan apa yang disampaikan Bupati Kulon Progo ini di Sumenep, akan tetapi pada tingkat OPD kadang ada OPD yang belum ada keberanian melakukan perubahan seperti yang diinginkan.

"Luar Biasa, sudah kenal sejak sebelum menjabat wakil Bupati Sumenep, memang sering menjadi pembicara, memang proses yang disampaikan Bupati Kulon Progo ini sudah dilakukan di Sumenep, tapi memang tidak semua OPD memiliki keberanian untuk melakukannya. Tapi dengan Diklatpim IV ke Kulon Progo ini paling tidak ada semangat baru untuk teman-teman untuk menyampaikan ke atasan. Sehingga selain Bupatinya ok, Pimpinan OPD ok, Kasie juga Ok jadi lebih enak. Itu yang jadi tantangan kami. Keinginan-keinginan kita terkadang seperti ini, tapi terkadang di bawah lain ceritanya." Kata Achmad Fauzi setelah mendengar paparan Bupati Kulon Progo.

Achmad Fauzi juga mengajak Diklatpim ke Kulon Progo karena agar lebih mudah mencontoh kesuksesan Kulon Progo.
"Kami juga ingin sharing, ada yang menyampaikan kepada kami, kalau ingin sukses, belajar dari yang sudah sukses biar lebih cepat. Karena lebih mudah mencontoh daripada harus mencari sendiri. Maka kami langsung mengajak ke Kulon Progo." tambah Achmad Fauzi.

Menerima rombongan dari Diklatpim Kabupaten Sumenep, Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyampaikan bahwa kondisi saat ini, rakyat memiliki ekspektasi yang luar biasa, sementara tekanan dari luar juga tinggi, sehingga sebagai pemimpin saat ini tidak hanya bekerja tapi harus berkarya. Tidak hanya melakukan inovasi tapi harus melakukan revolusi.

"Ciri pemimpin yang baik ada 3, yaitu, Ikhlas hanya karena Tuhan, Hidup sederhana dan Visioner" kata Bupati Kulon Progo.

Terkait perubahan berbagai hal, yang dilakukan di Kulon Progo terkait inovasi dan revolusi, juga karena menghayati kemiskinan yang ada di Kulon Progo. Masih banyak rakyat yang miskin, dan belum memiliki mindset yang bagus.

Salah satu solusi yang dilakukan adalah Berdikari di Bidang Ekonomi. Antara lain melakukan perubahan juga harus merubah mindset, agar terjadi percepatan perubahan. Untuk melakukan berbagai perubahan juga perlu berbagai inovasi, perjuangan yang lama dan tidak mudah.

"Seperti kerjasama dengan Bulog, perlu waktu koordinasi selama 2 (dua) tahun. Karena harus merubah aturan, harus menjebol tatanan." Tambah Bupati Kulon Progo.

Tapi hasilnya juga dinilai membantu para petani, karena saat ini Gapoktan bisa kerjasama dengan Bulog menyetor beras sekitar 4.800 ton, dulu uang sekitar Rp. 40 miliar lari ke luar daerah bahkan ke luar negeri, sekarang masuk ke petani.

Industri rumah tangga seperti batik, pada awal Tahun 2012 kondisinya belum ada batik unggulan, omset Rp. 836 juta, hanya 24 kelompok, dengan tenaga kerja 242, belum ada koperasi batik. Sedangkan kondisi pada tahun 2014, ada batik unggulan, ada batik khas Kulon Progo, Omset Rp.3,062 miliar, ada 38 kelompok, Tenaga kerja 474, sudah ada koperasi Batik.

"Penggunaan batu andesit juga menggunakan produk lokal, mungkin belum beautiful face, tapi beautiful heart" tandas Bupati.
(at@humaskp)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Open House Bupati dan Wakil Bupati

Bupati Forkopimda Pantau Pos Pam

Bupati Launching Belabeliku.com di Forum Bisnis

Libur Panjang Pelayanan Masyarakat Tetap Jalan

Jadwal Open House Lebaran Bupati Wabup Berbeda dari Tahun Sebelumnya



.:: Berita Subdomain ::::::::.

Waspada Peningkatan Potensi Hujan Lebat Selama (21 - 23 Juni 2018) dan Potensi Tinggi Gelombang di

Lowongan Kerja GURU SMP DAARUL’ILMI BOARDING SCHOOL

SERGAB IDUL FITRI

Beasiswa Pelatihan Kebandarudaraan di UPT BLK Dinas Nakertrans Kabupaten Kulon Progo

SYAWALAN KEC. NANGGULAN..

SYAWALAN KEC. NANGGULAN..

Goma Untuk Laut Indonesia

SURAT EDARAN PERPANJANGAN PELAKSANAAN KEGIATAN TIGA BULAN BERSIH SAMPAH (TBBS)

Tingkat Kehadiran Pegawai Dinas Pertaru di Hari Pertama Kerja Capai 100%

Hari Pertama Pasca Liburan Panjang Jamkesda Langsung Diserbu Pengunjung

SYAWALAN, MOMEN INDAH MEMULAI KERJA DENGAN SEMANGAT BARU

PESTA SENI TRADISI

Syawalan Unik Destinasi Calon Obyek Wisata Baru

KELUARGA BESAR DINAS KOMINFO SYAWALAN DAN HALAL BI HALAN BERSAMA PWK

Karyawan Dinas Pertaru Ikuti Open House Bupati/Wakil Bupati Kulon Progo 1439 H

Pengamanan Jalur Wisata Kalibiru dan Himbauan Kepada Pengelola Jeep Wisata

Lebaran Idhul Fitri 1439 H / 2018 M Polsek Pengasih Patroli Wilayah

Pengasih Bertakbir

Berkah Ramadlan....

Berkah Ramadlan....

Malam 1syawal 1439 H

Polsek Pengasih Pengamanan Malam Takbiran 1439 H

BUKA BERSAMA KECAMATAN LENDAH

SAFARI TARAWIH KECAMATAN LENDAH GELOMBANG TERAKHIR

DUSUN KUTAN WAKIL KULON PROGO IKUT LOMBA POSKAMLING TINGKAT DIY



.:: Artikel ::::::::.

Devinfo dan Manfaatnya Dalam Pengembangan Program KKbpk

Mengenal Sekolah Siaga Kependudukan

Mewujudkan Masyarakat Berwawasan Kependudukan Melalui Pendidikan Kependudukan

Gerakan Berbasis Hati

Tantangan Pengendalian Penduduk Kulon Progo Tahun 2018