Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Bupati Terharu Saksikan Khataman Al Quran Siswa SD/mi


Safari Tarawih di Galur

Anggota DPRD Kota Banjar Tertarik Tata Kelola Kulon Progo

Safari Tarawih di Kalibawang

Peringati Harkitnas Diharap Tidak Mudah Terprovokasi

Bahas Hikmah Puasa, Pencegahan Terorisme dan oleh-oleh dari PBB

Pasar Ramadan di Alun-alun Wates

 

872 peserta siswa SD/MI di Kulon Progo telah berhasil khatam membaca Al Quran, yang ditandai dengan Khataman Al Quran Tingkat Kabupaten Kulon Progo di Taman Budaya Kulon Progo, Rabu (16/5/2018). Khataman ditandai dengan penyerahan Piagam dari Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) kepada para siswa, dan pemberian sajadah dari Kepala Bank BPD DIY Cabang Wates.

Dihadapan Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tamu undangan, Siswa, Pendamping siswa, Bupati Kulon Progo menayakan terharu dengan khataman massal pertama di Kulon Progo ini yang diikuti para siswa Kulon Progo, sejak memiliki Perda Pendidikan Karakter, yang mewajibkan siswa yang tamat SD khatam Al Quran bagi yang beragama Islam.

"Alhamdulillah kita bisa khatam bersama anak-anak seluruh Kulon Progo. Hari ini 800, Insyaalloh tahun depan 5.000. bersyukur bisa selenggarakan kegiatan ini. Saya berharap dengan khataman ini memberikan satu makna yang besar pada pendidikan karakter anak didik kita sebagai generasi emas di tahun 2045" kata Bupati Kulon Progo.

Diharapkan selain dapat mencetak generasi yang cinta Qurani, juga mencetak generasi yang baik, tidak anarkhis, yang betul-betul cinta Indonesia, Cinta Pancasila, dan betul-betul yang Iman dan taqwa.

Berdasar Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo No.18 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Pendidikan Karakter dan Peraturan Bupati Kulon Progo No.65 Tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan, Implementasi Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Jenjang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Tahun Pelajaran 2017/2018 telah dilaksanakan sejak tanggal 2 Januari 2018.

Dalam pelaksanaan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter terutama di bidang keagamaan kelas VI SD/MI ada peserta didik yang telah menyelesaikan membaca Alquran sampai dengan 30 Juz. Untuk memberikan penghargaan kepada peserta didik yang telah khatam membaca Alquran 30 Juz, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Khataman Alquran yang dilaksanakan Rabu (16/5/2018) Jam 11.00 WIB di Gedung Taman Budaya Kulon Progo.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo menyampaikan 872 siswa SD/MI kelas VI ini berasal dari 201 SD/MI di 12 Kecamatan. Kecamatan Samigaluh 55 peserta. Kecamatan Kalibawang 56 peserta. Kecamatan Nanggulan 36 peserta. Kecamatan Girimulyo 22 peserta. Kecamatan Kokap 70 Peserta. Kecamatan Pengasih 73 peserta. Kecamatan Sentolo 41 peserta. Kecamatan Lendah 67 peserta. Kecamatan Galur 151 peserta. Kecamatan Panjatan 61 peserta. Kecamatan Wates 189 peserta. Dan Kecamatan Temon 50 peserta.

Penguatan pendidikan karakter di Kabupaten Kulon Progo bertujuan menumbuhkan peserta didik yang memiliki jiwa kebangsaan yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotongroyong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan tekonologi yang dijiwai Pancasila, iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Untuk tercapai tujuan tersebut, semua satuan pendidikan jenjang TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs wajib melakukan pembiasaan dalam bentuk ekstrakurikuler wajib religius, ekstrakurikuler wajib pengamalan nilai-nilai Pancasila dan ekstrakurikuler wajib budaya kemataraman.
(at@humaskp)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Safari Tarawih di Galur

Anggota DPRD Kota Banjar Tertarik Tata Kelola Kulon Progo

Safari Tarawih di Kalibawang

Peringati Harkitnas Diharap Tidak Mudah Terprovokasi

Bahas Hikmah Puasa, Pencegahan Terorisme dan oleh-oleh dari PBB



.:: Berita Subdomain ::::::::.

Buka Puasa Bersama Kecamatan Pengasih Untuk Mempererat Silaturrahi

Momentum Kebangkitan Nasional untuk Asian Games 2018 di Indonesia

OPTIMALISASI TENAGA KERJA LOKAL PADA “NYIA”

OPD Bangkit Peduli Arsip

Himbauan Pengumuman Kelulusan Tingkat SMP/MTs

PELAKSANAAN SAFARI TARAWIH PERIODE 2 TINGKAT KECAMATAN KALIBAWANG

Destinasi Baru Desa Karangsari

Pengumuman: Usulan Calon Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2018

Lowongan Kerja PT MICRO MADANI INSTITUTE (PNM MEKAAR)

Lowongan Kerja PT Pegadaian (Persero)

Lowongan Kerja PT ANGGUN KREASI GARMEN

Lowongan Kerja PT CIPTA KARYA AGUNG ABADI

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018

Warga Menutup Akses Jalan Menuju Penambang Batu

Pengumuman Magang Fair 2018

Jadwal Pelayanan Kartu AK 1 pada saat Cuti Bersama Lebaran 2018

Penyelesaian Pemortalan Akses Jalan Tambang

Safari Tarweh Putaran Kedua Masjid Nur-Huda Kedungtangkil Desa Karangsari

Safari tarawih Kecamatan Nanggulan di Dusun Janti Lor 24 Mei 2018

NGAJI BARENG RO PAK CAMAT NANGGULAN

AL-AMIN PEMBUKA SAFARI TARAWIH 14 39 H TINGKAT KECAMATAN GIRIMULYO

Lowongan Kerja Rumah Sakit Islam Yogyakarta (RSIY PDHI)

Gairah Perpusdes

Pengumuman: Usulan Calon Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2018

Pengumuman: Usulan Calon Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2018



.:: Artikel ::::::::.

Mengenal Sekolah Siaga Kependudukan

Mewujudkan Masyarakat Berwawasan Kependudukan Melalui Pendidikan Kependudukan

Gerakan Berbasis Hati

Tantangan Pengendalian Penduduk Kulon Progo Tahun 2018

Tantangan Advokasi Kie Program KKBPK Tahun 2018