Sesuai dengan UU RI No. 18 tahun 1951 tentang Perubahan UU RI No. 15 tahun 1950 tentang Penggabungan Daerah-daerah Kabupaten Kulon-Progo dan Adikarto dalam Lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi satu Kabupaten dengan nama Kulon-Progo, bahwa penulisan Kulon Progo adalah dipisah

Kesenian Daerah

Krumpyung

Krumpyung merupakan seni musik tradisional khas Kulon Progo dengan iringan alat musik yang semuanya terbuat dari bambu. Biasanya lagu-lagu yang dibawakan adalah langgam jawa, uyon-uyon, campur sari. Yang unik dari krumpyung ini adalah nada yang digunakan merupakan laras slendro dan pelog menyerupai gamelan Jawa. Hanya saja, dalam kesenian Krumpyung ini, untuk membunyikan gong dengan cara ditiup dan dipukul. Kesenian Krumpyung ini terdapat di dusun Tegiri, desa Hargowilis, kecamatan Kokap. Saat ini alat musik Krumpyung yang semuanya terbuat dari bambu banyak diminati para pecinta alat musik tradisional atau para kolektor dari berbagai daerah dan luar negeri.

 

Tari Jathilan

Jathilan merupakan kesenian rakyat tradisional berbentuk tarian kelompok dan dibawakan oleh penari berjumlah 14 orang laki-laki. Penari yang berperan sebagai wanita disebut wewe. Jathilan yang merupakan tari kelompok ini terdiri dari 2 barongan, 1 penthul, 1 bejer, 1 wewe, dan 1 gendruwo serta 6 orang prajurit. Pertunjukan Jathilan ini diselenggarakan di tempat terbuka yang cukup luas karena gerakan dari penari yang sangat dinamis. Salah satu yang menarik dari tarian ini adalah adanya penari yang "ndadi/kesurupan/in trance". Saat ini kesenian Jathilan ini masih hidup dan berkembang dengan baik di semua kecamatan yang ada di Kulon Progo.

 

Tari Oglek

Oglek merupakan salah satu kesenian rakyat tradisional dengan jenis tarian berkelompok yang biasa dipentaskan di tempat terbuka dengan durasi kurang-lebih 1 sampai 2 jam. Pentas Oglek diiringi dengan seperangkat alat musik berupa 3 terbang sesar, 1 terbang kecil, 2 bende, 1 kendang, 1 gong, dengan sistem nada slendro. Biasanya dalam pentas Oglek ini ada penari yang "in trance", dalam bahasa jawa "kesurupan". Beberapa grup Oglek yang ada antara lain berada di desa Tuksono, kecamatan Sentolo, desa Tanjungharjo, kecamatan Nanggulan, dan di desa Krembangan, kecamatan Panjatan.

 

Tari Angguk

Tari Angguk merupakan tarian tradisional yang dibawakan secara berkelompok. Tarian ini mengambil cerita dari Serat Ambiyo dengan kisah Umarmoyo-Umarmadi dan Wong Agung Jayengrono. Durasi tari Angguk berkisar antara 3 sampai 7 jam. Dibawakan oleh penari yang berjumlah 15 wanita. Kostum yang dipakai oleh penari adalah baju mirip baju serdadu Belanda yang dihiasi dengan gombyok barang emas, sampang, sampur, topi pet warna hitam, dan kaos kaki warna merah atau kuning dan mengenakan kacamata hitam. Beberapa grup Angguk yang cukup populer antara lain : Group Angguk Putri Sri Lestari dari Pripih, Angguk Mekar Perwitasari dari Tlogolalo, Hargamulyo, Kokap, Angguk Putri Puspa Rini dari desa Kulur, kecamatan Temon.

 

Tari Incling

Incling merupakan tarian rakyat tradisional yang mempunyai tema cerita yang diambil dari cerita Panji. Kesenian incling ini dibawakan secara berkelompok dengan jumlah penari 15 atau 17 orang.Pertunjukan ini biasanya diadakan di tempat terbuka dengan durasi 3 sampai 4 jam. Meskipun penarinya laki-laki semua, tetapi ada peran wanita yang diperankan oleh laki-laki yang disebut "cepet wadon". Selain itu, yang juga menarik dan disukai penonton adalah peran tokoh pentul, bejer, serta kethek atau kera. Beberapa grup Incling yang ada antara lain berada di desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, desa Sindutan, kecamatan Temon, dan di desa Tanjungharjo, kecamatan Nanggulan.

« Kembali

.:: Berita Lainnya ::::::::.

Pcm Selenggarakan Takbir Keliling Kota Wates

Lomba Desain dan Karya Tas dan Lomba Kreasi Baru Batik Geblek Renteng

Jadwal Open House Bupati Kulon Progo

Bupati - Rektor UNY Bahas Pengembangan UNY di Kulon Progo

Safari Subuh di Hargowilis, Bupati Serahkan Bantuan dan Jadi Motivator



.:: Berita Subdomain ::::::::.

Selamat Idul Fitri

LOWONGAN KERJA THE HOUSE OF RAMINTEN

LOWONGAN KERJA PT KELOLA JASA ARTHA

LOWONGAN KERJA PT ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO)

LIBUR DAN CUTI BERSAMA RSUD WATES DALAM RANGKA HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H

PENGUMUMAN HASIL KELULUSAN UJIAN DINAS TINGKAT I TAHUN 2017

PENGENDALIAN PEMOTONGAN TERNAK BETINA PRODUKTIF

Pengumuman Permohonan Izin Lingkungan PT. Maju Manunggal Abadi

Promosi Beras Toko Tani Indonesia di Pasar Pripih

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 12 Juni 2017

Perkembangan Harga Bahan Pokok Kabupaten Kulon Progo per 15 Juni 2017

Penyampaian Bantuan Kaum Rois

Libur dan Cuti Bersama Idul Fitri 1438 H

Prioritas Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK dan SD

Pembagian Zakat Fitrah di SDN 1 Pandowan Galur

Uji Publik Kurikulum Tahun Pelajaran 2017/2018

Pelayanan Kartu AK 1 Pada Hari Libur Lebaran 2017

" STOP PUNGLI "

Serah Terima Calon Taruna/ni Beasiswa STTKD 2017

Pengembangan Pupuk Hayati Untuk Ketahanan Pangan dari Fakultas Pertanian UGM

Rehab Ruang Pelayanan Kecamatan

Pelayanan DPMPT Terkait Cuti Bersama Lebaran

Pernik-pernik Penyerahan LHB Tahun Pelajaran 2016/2017

SD Negeri Cabean Persiapan Menghadapi Tahun Pelajaran 2017/2018

Pedoman PPDB pada TK, SD dan SMP Tahun Pelajaran 2017/2018



.:: Artikel ::::::::.

Kulon Progo Makin Melimpahkan Kewenangan Ke Camat

Fenomena Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi

Perlunya Grand Design Pembangunan Kependudukan Dalam Konteks Pembangunan Daerah

22 Desember Hari Ibu; Hargailah Ibu

Pertumbuhan Penduduk dan Kualitas Hidup Kita