Kesenian Daerah

Krumpyung

Krumpyung merupakan seni musik tradisional khas Kulon Progo dengan iringan alat musik yang semuanya terbuat dari bambu. Biasanya lagu-lagu yang dibawakan adalah langgam jawa, uyon-uyon, campur sari. Yang unik dari krumpyung ini adalah nada yang digunakan merupakan laras slendro dan pelog menyerupai gamelan Jawa. Hanya saja, dalam kesenian Krumpyung ini, untuk membunyikan gong dengan cara ditiup dan dipukul. Kesenian Krumpyung ini terdapat di dusun Tegiri, desa Hargowilis, kecamatan Kokap. Saat ini alat musik Krumpyung yang semuanya terbuat dari bambu banyak diminati para pecinta alat musik tradisional atau para kolektor dari berbagai daerah dan luar negeri.

 

Tari Jathilan

Jathilan merupakan kesenian rakyat tradisional berbentuk tarian kelompok dan dibawakan oleh penari berjumlah 14 orang laki-laki. Penari yang berperan sebagai wanita disebut wewe. Jathilan yang merupakan tari kelompok ini terdiri dari 2 barongan, 1 penthul, 1 bejer, 1 wewe, dan 1 gendruwo serta 6 orang prajurit. Pertunjukan Jathilan ini diselenggarakan di tempat terbuka yang cukup luas karena gerakan dari penari yang sangat dinamis. Salah satu yang menarik dari tarian ini adalah adanya penari yang "ndadi/kesurupan/in trance". Saat ini kesenian Jathilan ini masih hidup dan berkembang dengan baik di semua kecamatan yang ada di Kulon Progo.

 

Tari Oglek

Oglek merupakan salah satu kesenian rakyat tradisional dengan jenis tarian berkelompok yang biasa dipentaskan di tempat terbuka dengan durasi kurang-lebih 1 sampai 2 jam. Pentas Oglek diiringi dengan seperangkat alat musik berupa 3 terbang sesar, 1 terbang kecil, 2 bende, 1 kendang, 1 gong, dengan sistem nada slendro. Biasanya dalam pentas Oglek ini ada penari yang "in trance", dalam bahasa jawa "kesurupan". Beberapa grup Oglek yang ada antara lain berada di desa Tuksono, kecamatan Sentolo, desa Tanjungharjo, kecamatan Nanggulan, dan di desa Krembangan, kecamatan Panjatan.

 

Tari Angguk

Tari Angguk merupakan tarian tradisional yang dibawakan secara berkelompok. Tarian ini mengambil cerita dari Serat Ambiyo dengan kisah Umarmoyo-Umarmadi dan Wong Agung Jayengrono. Durasi tari Angguk berkisar antara 3 sampai 7 jam. Dibawakan oleh penari yang berjumlah 15 wanita. Kostum yang dipakai oleh penari adalah baju mirip baju serdadu Belanda yang dihiasi dengan gombyok barang emas, sampang, sampur, topi pet warna hitam, dan kaos kaki warna merah atau kuning dan mengenakan kacamata hitam. Beberapa grup Angguk yang cukup populer antara lain : Group Angguk Putri Sri Lestari dari Pripih, Angguk Mekar Perwitasari dari Tlogolalo, Hargamulyo, Kokap, Angguk Putri Puspa Rini dari desa Kulur, kecamatan Temon.

 

Tari Incling

Incling merupakan tarian rakyat tradisional yang mempunyai tema cerita yang diambil dari cerita Panji. Kesenian incling ini dibawakan secara berkelompok dengan jumlah penari 15 atau 17 orang.Pertunjukan ini biasanya diadakan di tempat terbuka dengan durasi 3 sampai 4 jam. Meskipun penarinya laki-laki semua, tetapi ada peran wanita yang diperankan oleh laki-laki yang disebut "cepet wadon". Selain itu, yang juga menarik dan disukai penonton adalah peran tokoh pentul, bejer, serta kethek atau kera. Beberapa grup Incling yang ada antara lain berada di desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, desa Sindutan, kecamatan Temon, dan di desa Tanjungharjo, kecamatan Nanggulan.

« Kembali

.:: Berita Lainnya ::::::::.

PENYERAHAN BEASISWA GNOTA, PT SARI HUSADA DAN PAMELLA

Pengasih Juara Umum Porkab III Kulon Progo

dr. Hasto Kunjungi 4 KK Miskin Dampingannya

Valentino dan Irsan Maju Tinju Tingkat Nasional

Pendaftaran Pameran Dibuka 22 September 2014



.:: Berita Subdomain ::::::::.

Kamis (25/9) Ujian CAT Bagi Pelamar CPNS Kulon Progo

Layanan Pro Aktif Taspen Hadir Di Wates

FKY DI GOA KISKENDO

MERTI DUSUN DULKAIDAHAN PRINGTALI

Tunggu Panselnas, Ujian CAT Diundur, 1217 Pelamar Dimohon Bersabar

Website Dinkes Tampilkan Menu Bank Data

Pembinaan Pokmaskum

Syarief Hasan : Menteri Koperasi Mendatang Tinggal Melanjutkan dan Meningkatkan Program

LOWONGAN KERJA PT. BANK MANDIRI (Persero) Area DIY

LOWONGAN KERJA PT. JMS BATAM (PRODUSEN ALAT MEDIS DAN RUMAH SAKIT) PUTRI

LOWONGAN KERJA PT. CIBA BATAM (Putri)

Pengarahan Dan Pembinaan Bupati Kulon Progo Kepada Kelompok Penerima Bantuan Hibah Peralatan Produks

Mengenalkan Finger Food Kepada Bayi

Kunjungan Kerja Dprd Kabupaten Bangka Selatan

Merti Dusun Sungapan II

Kunjungan Study Banding Dari Kabupaten Karang Anyar

Pentas Kesenian Tradisional di Goa Kiskendo

PORKAB TAHUN 2014 " TUNJUKKAN PRESTASIMU "

UPACARA 17 AN BULAN SEPTEMBER 2014

Pengajian Rutin Dinas Kepenak

Festifal Kethoprak antar Kecamatan Se-Kabupaten Kulon Progo

Kamis (18/9) Pukul 14.00, Panitia Tidak Lagi Terima Berkas

HASIL LOMBA PAWAI & KARNAVAL 2014

Kegiatan Hari Perhubungan Nasional

HAORNAS TAHUN 2014 DIMERIAHKAN DENGAN SENAM ANGGUK



.:: Artikel ::::::::.

Mewujudkan Kerjasama Antar Daerah (KAD) Yang Optimal

Meneropong Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Perpadu Kecamatan (PATEN) di Kulon Progo

Grand Design Pembangunan SDM di Kulon Progo

Melalui Momentum Hari Keluarga Kita Bangkitkan Kepedulian Membangun Keluarga Sejahtera

Perencanaan Sistem Kependudukan (2)